Brilio.net - Merawat wajah nggak hanya menjadi kegiatan rutin para perempuan. Cowok-cowok pun juga banyak yang memperhatikan kesehatan dan kebersihan wajah. Bukan hal yang aneh kok, karena merawat wajah menjadi salah satu bukti kepedulianmu pada diri sendiri. Apalagi untuk kamu yang perlu untuk menjaga penampilan karena pekerjaan. Merawat wajah juga bisa menjadi pilihan yang tepat lho kebaikan diri sendiri. Kamu bisa mengurangi berbagai permasalahan yang bisa timbul di kemudian hari.


Di era yang serba lengkap ini, semakin banyak pilihan perawatan wajah dengan berbagai metode. Baik secara tradisional maupun modern. Jenis perawatannya pun disesuaikan dengan permasalahan kulit yang sedang kamu alami.

Salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan adalah pori-pori yang melebar. Hmm, masalah yang satu ini sangat bisa terjadi pada siapapun. Perempuan dan laki-laki bisa mengalami kondisi pori-pori yang melebar. Nggak bisa dipungkiri, cara untuk mengecilkan pori-pori jadi salah satu yang dicari.


Tenang, kalau kamu jadi salah satu orang yang ingin mengecilkan pori-pori, sekarang ada banyak solusinya kok. Selain perawatan di klinik kecantikan, kamu juga bisa mengecilkan pori-pori secara mudah dan menggunakan bahan alami. Nah mau tau seperti apa saja cara yang bisa kamu coba? Yuk simak ulasan brilio.net pada Selasa (4/8) dari berbagai sumber.

 

1. Jeruk nipis.

Jeruk nipis adalah bahan yang mudah ditemukan di sekitarmu. Meskipun harganya sangat terjangkau, tapi jeruk nipis punya segudang manfaat. Bahan ini mengandung banyak antioksidan dan vitamin C. Jeruk nipis ternyata juga mampu mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.


Untuk mengecilkan pori-pori caranya mudah banget. Belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas wajah dengan air bersih.


2. Es batu.

Es batu juga nggak kalah mudah untuk solusi mengecilkan pori-pori. Cara ini praktis dan juga bisa dilakukan dimana saja. Kamu hanya perlu ambil es batu dari freezer. Bungkus sebongkah es batu dengan sapu tangan atau handuk wajah. Lalu oleskan pada wajah dan lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil. Gampang banget, kan?


3. Kopi dan gula.

Perpaduan kopi dan gula memang pas banget untuk diseduh. Eits nggak cuma itu saja, kamu bisa memanfatkannya untuk scrub pada wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah terangkat dengan sempurna. Dengan tidak adanya sel kulit mati, maka pori-pori wajah mengecil.


Cara mengaplikasikan kopi dan gula pada wajah, kamu bisa mencampurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula. Lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian dengan perlahan-lahan gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

Cara mengecilkan pori-pori © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

4. Madu.

Bukan kabar baru lagi dong kalau madu jadi sumber bahan yang kaya manfaat. Bahan ini juga dikenal sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan. Madu mengandung banyak antioksidan dan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Madu merupakan pelembap alami wajah sekaligus dapat mencerahkan kulit. Caranya, siapkan 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.


5. Tomat.

Siapa sih yang nggak tahu si merah segar ini? Kamu harus tau, tomat mengandung senyawa antioksidan yaitu lycopine yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk yang bisa menyebabkan pori-pori wajah mengecil. Untuk memafaatkannya, kamu bisa menumbuk halus buah tomat hingga menjadi bubur.  Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya bilas wajah dengan air bersih.


6. Timun.

Nggak cuma menyegarkan wajah, timun yang mengandung mineral dan vitamin ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori. Untuk mendapatkan hasilnya, kamu perlu mengiris tipis timun, lalu menempelkan pada seluruh wajah.


Setelah menempel, diamkan selama 30 menit, dan basuh dengan air bersih. Selain cara itu, kamu juga bisa memarut timun dan mengambil airnya. Kemudian oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 30 menit dan basuh dengan air bersih. Praktis banget!


7. Pisang.

Selain bikin kenyang, pisang juga bisa jadi solusi untuk mengecilkan pori-porimu. Nggak kalah praktis dari yang lain, kamu hanya perlu mempersiapkan 1 buah pisang. Kemudian tumbuk pisang hingga halus. Tambahkan 1 sdm madu dan campur hingga rata. Kemudian oleskan masker pisang ini pada wajah. Diamkan beberapa saat dan terakhir bilas dengan air bersih.

Cara mengecilkan pori-pori © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

8. Pepaya.

Pepaya dikenal sebagai bahan yang mampu membantu meregenerasi kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Selain bisa mengecilkan pori-pori, pepaya juga bisa berfungsi menjadi sunscreen atau tabir surya alami.


Caranya, kupas dan potong buah pepaya. Tumbuk halus papaya dan gunakan sebagai masker. Selanjutnya diamkan selama 30 menit. Dan jangan lupa bilas wajah dengan air bersih ya.


9. Lemon.

Nggak mau kalah dari jeruk nipis, lemon juga bisa kamu coba untuk mengecilkan pori-pori. Lemon mengandung banyak antioksidan dan vitamin C. Selain itu juga ada asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.


Kamu bisa memanfatkan buahnya dengan memotong lemon menjadi 2 bagian. Lalu memeras untuk mendapatkan airnya. Oleskan air perasan lemon pada wajah dan biarkan selama 15 menit.


10. Kentang.

Kentang juga bisa jadi andalanmu dalam mengecilkan pori-pori. Karena kentang dapat membantu regenerasi kulit serta menghilangkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori akan mengecil. Antioksidan yang alami juga berfungsi untuk menyamarkan atau menghilangkan noda atau flek pada wajah secara sempurna.


Caranya, tumbuk halus kentang yang sudah direbus. Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas wajah dengan air bersih. Yuk coba!