Brilio.net - Memasuki musim pancaroba, di mana cuaca tidak menentu harusnya menjadi fase di mana manusia harus was-was terhadap demam berdarah. Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang cukup berbahaya jika tidak segera ditangani. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti, yang mengandung virus berbahaya untuk tubuh manusia.

Pasalnya, nyamuk Aedes aegypti yang membawa penyakit tersebut memiliki kemampuan terbang sejauh 100 meter sehingga proses penularannya dapat berlangsung sangat cepat. Oleh karenanya hal utama yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan rumah.

Mengetahui betapa berbahayanya nyamuk Aedes aegypti bagi manusia, maka yang harus kita lakukan mengusirnya. Berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/2).

1. Daun serai

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: womenfitness.net

Bahan dapur satu ini bisa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk. Tanpa kita sadari, bau tajam daun serai tak disukai nyamuk. Cara menggunakannya cukup mudah. Ambil daun serai, kemudian bersihkan lalu dipotong-potong dan letakkan ke wadah terbuka. Kemudian saat sore menjelang, wadah yang berisi potongan daun serai tersebut taruh di tempat yang suka didatangi nyamuk.

 

2. Kulit jeruk kering

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: vermilionroots.com

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan kulit jeruk kering. Nah kalau di rumah kamu banyak nyamuk, cukup letakkan kulit jeruk kering tersebut di ruangan yang tidak ingin didatangi nyamuk.

 

3. Minyak kayu putih

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: drweil.com

Aroma minyak kayu putih tidak disukai nyamuk. Kamu bisa menyemprotkan minyak kayu putih di ruangan yang tak ingin didatangi nyamuk. Pastikan aroma minyak kayu putih terasa begitu kuat dalam ruangan tersebut. Alhasil kamu akan terhindar dari nyamuk-nyamuk yang berbahaya.

 

4. Bawang putih

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: youtube.com

Pernah dengar mengenai cerita bahwa vampir tidak menyukasi bawang putih? Tampaknya ini benar adanya. Nyamuk tidak akan menggigit orang yang memakan bawang putih. Cukup kunyah bawang putih, sisanya biarkan tubuhmu yang bekerja secara otomatis. Nyamuk tidak menyukai aroma bawang putih.

 

5. Lilin wangi lavender

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: galwaybaylavender.com

Aroma teraapi lavender begitu disukai wanita. Namun aroma itu dapat menjadi bahan mematikan untuk nyamuk. Jika kamu menggunakan lilin aroma terapi lavender maka kamu akan terhindar dari gigitan nyamuk. Caranya letakkan pada ruangan yang tak ingin didatangi nyamuk.

 

6. Larutan gula dalam botol plastik bekas

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: wikihow.com

Kamu juga bisa menggunakan botol bekas. Caranya cukup mudah, ambil botol bekas dan potong pada bagian atasnya. Kemudian tuangkan 50 gram gula dan 200 ml air hangat ke dalam botol tersebut. Diamkan sejenak kemudian tambahkan 1 gr gula lagi dan tak perlu diaduk. Setelah itu pasang kembali bagian botol yang dipotong secara terbalik dan letakkan botol tersebut di ruangan yang tak ingin didatangi nyamuk.

 

7. Daun kemangi

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: chaseknollsapts.com

Daun yang biasanya dijadikan lalapan ini ternyata tak disukai nyamuk. Daun ini sangat mudah di temui, cara penggunaannya sederhana, cukup oleskan pada bagian tubuh, dengan itu nyamuk tidak akan mendekati kamu.

 

8. Warna kuning

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: lattelisa.blogspot.com

Jika ingin rumahmu terhindar dari nyamuk, gunakan cat warna kuning di bagian ruangan yang tak ingin didatangi nyamuk. Atau kamu juga bisa menggunakan baju atau selimut yang berwarna kuning. Nyamuk tidak akan suka datang ke tempat warna yang terang.

 

9. Tanaman rosemary

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: bonnieplants.com

Tanaman rosemary dikenal mampu mengusir nyamuk karena memiliki aroma sama dengan minyak kayu putih. Cara cukup mudah, tanam tanaman ini dalam pot dan jadikan salah satu hiasan yang bermanfaat di rumahmu.

 

10. Akar wangi

Waspadai demam berdarah istimewa

foto: id.pinterest.com

Akar wangi juga bisa menjadi solusi terbaik untuk mengusir nyamuk. Kamu bisa menanamnya di pot. Aroma yang dihasilkan tanaman ini tidak disukai oleh nyamuk Aedes aegypty.