Serupa tapi tak sama, ini 6 perbedaan matcha dan green tea

Serupa tapi tak sama, ini 6 perbedaan matcha dan green tea

Brilio.net - Bagi kamu yang ngaku anak kekinian, pasti sudah tak asing lagi dengan matcha dan green tea. Saat ini teh hijau ini memang tengah menjadi tren dan digandrungi oleh banyak orang hingga. Nggak heran, banyak penjual yang menawarkan menu minuman dan makanan dengan bahan teh hijau ini.

Tapi, di balik gegap gempita ini, tahukah kamu jika ternyata matcha dan green tea itu aslinya berbeda? Meski mereka berasal dari tanaman yang sama bernama Cameliia Sinensis, rupanya matcha dan green tea ini berbeda lho. Perbedaan mendasar keduanya terletak pada cara mengolah dan warna yang dihasilkan.

Selain itu apa aja ya perbedaan matcha dan green tea ini? Biar nggak makin penasaran, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, 6 perbedaan matcha dan green tea.

1. Cara pengolahan.

Serupa tapi tak sama, ini 6 perbedaan matcha dan green tea

foto: Aiya-America.com

Matcha diproses dengan menutup daun teh selama 20 sampai 30 hari sebelum dipanen agar terhindar dari sinar matahari. Hal ini membuat warna daun menjadi lebih gelap, karena meningkatnya asam amino yang ada di klorofil daun. Proses pengeringan daun matcha juga sengaja dibuat cukup singkat untuk menjaga warna hijaunya. Setelah panen, petani akan memisahkan batang dan urat daun dan menumbukknya dengan batu hingga sangat halus. Sedangkan green tea atau teh hijau biasanya disuguhkan masih berupa potongan-potongan daun teh pada umumnya. Jika diseduh, kamu masih harus menyaring ampasnya terlebih dahulu. Hal ini tentunya berbeda dengan matcha yang tidak memiliki ampas. Green tea juga juga jarang diolah menjadi bubuk halus. Dan jika green tea ditumbuk halus, maka akan menghasilkan warna yang berbeda.

2. Rasa.

Serupa tapi tak sama, ini 6 perbedaan matcha dan green tea

foto: japaneseteasommelier.wordpress.com

Teh hijau memiliki rasa yang lebih segar, sedangkan matcha lebih creamy. Rasanya cenderung seperti rumput laut. Tidak seperti teh hijau dengan aftertaste sedikit asam dan pahit, matcha tidak meninggalkan aftertaste apa pun.

3. Manfaat dan kandungan.

Serupa tapi tak sama, ini 6 perbedaan matcha dan green tea

foto: choicehealthwestfield.co

Soal kandungan antioksidan, minum secangkir matcha bisa diibaratkan dengan mengonsumsi tiga cangkir teh hijau lho. Dikatakan juga antioksidan matcha lebih tinggi dibanding beberapa jenis sayuran. Matcha mengandung kafein, polifenol, dan antioksidan lebih tinggi (termasuk EGCG) dan L-Theanine lebih banyak daripada rata-rata teh hijau. Oleh karena itu, para peneliti mengatakan bahwa matcha memiliki kemampuan membakar lemak lebih tinggi, mencegah kanker, menjernihkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh.

4. Warna.

Serupa tapi tak sama, ini 6 perbedaan matcha dan green tea

foto: everyonestea.blogspot.co.id

Bubuk matcha berwarna hijau, sedangkan green tea kekuning-kuningan. Jika diseduh juga akan nampak perbedaan warna yang cukup signifikan. Green tea akan tampak seperti teh pada umumnya, namun memiliki warna yang lebih bening.

5. Cara mengonsumsi.

Serupa tapi tak sama, ini 6 perbedaan matcha dan green tea

foto: agroweb.org

Saat mengonsumsi teh hijau, biasanya kamu akan menyeduh teh hijau ini di segelas atau seteko air, lalu membuang sisa daun teh hijau atau kantung teh sisanya setelah selesai menyeduh. Tapi jika kamu mengonsumsi matcha, maka kamu benar-benar mengkonsumsi keseluruhan daun teh hijau yang telah dikeringkan dan dibuat menjadi bubuk halus. Berbentuk bubuk halus, matcha biasanya digunakan sebagai bahan campuran kue, minuman, eskrim, hingga pudding. Jika kamu mengonsumsi matcha, ini sama artinya kamu mengonsumsi seluruh kandungan dan manfaat baik yang ada pada daun teh hijau.

6. Harga.

Serupa tapi tak sama, ini 6 perbedaan matcha dan green tea

foto: la-confidential-magazine.com

Tahu nggak sih, harga matcha rupanya lebih mahal dibanding green tea? Green tea dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan matcha, terutama saat kamu membelinya dalam bentuk minuman jadi. Selain itu matcha juga dijual dengan banyak kisaran harga tergantung dengan jenis matcha-nya.

Hal ini karena matcha dikenal memiliki kandungan yang amat baik bagi kesehatan jantung, serta terkenal dapat melangsingkan tubuh. Kandungannya antara lain adalah antioksidan, poliphenois, kafein, serta L-Theanine yang jumlahnya lebih kaya dibanding green tea.

(brl/pep)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya