Brilio.net - Makanan merupakan salah satu unsur penting yang bisa memengaruhi kesehatan. Karena itulah menerapkan pola makan yang baik adalah salah satu cara yang ampuh untuk menjaga kesehatan. Tiap makanan yang kita konsumsi juga harus selalu memperhatikan kandungan gizinya. Sehingga kita tahu betul apa manfaat yang akan didapatkan.

Selain sehat, orang akan mengonsumsi suatu makanan karena cita rasanya. Jika menemukan makanan yang disuka, biasanya orang akan lebih sering mengonsumsinya terus menerus. Bahkan bisa juga menjadikan makanan tersebut sebagai hidangan wajib sehari-hari. Hayo ngaku, kamu juga nggak?

Meski bukan hal yang salah, namun ternyata ada alasan khusus mengapa orang disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang sama tiap hari lho. Terdapat beberapa alasan kesehatan yang mendasari pernyataan tersebut. Apa saja?

Berikut lima alasan kamu tidak boleh mengonsumsi menu makanan yang sama selama berhari-hari, seperti dilansir brilio.net dari Times of India pada Rabu (21/10).



1. Kurang nutrisi.

Menu makanan sama tiap hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Setiap orang membutuhkan nutrisi makro dan mikro agar tubuh bisa berfungsi secara tepat. Hal ini bisa terpenuhi dengan mengonsumsi beragam makanan dan sayuran.

Nah, jika kamu hanya mengonsumsi satu jenis sayur dan buah tertentu setiap hari, ini bisa menyebabkan kurangnya nutrisi pada tubuhmu. Semakin beragam sayur dan buah yang kamu konsumsi, maka semakin baik untuk kesehatanmu.



2. Membahayakan kesehatan usus.

Menu makanan sama tiap hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Menu makanan yang sama setiap hari ternyata bisa membahayakan kesehatan usus lho. Padahal kesehatan usus penting bagi sistem pencernaanmu.

Karena itulah ada takaran khusus untuk mengatur makanan. Dengan mengonsumsi makanan yang beragam, perkembangan bakteri baik di usus akan semakin banyak. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan sistem imun sehingga kamu pun akan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Memperlambat turunnya berat badan.

Menu makanan sama tiap hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Jika kamu berniat untuk menurunkan berat badan atau sedang menjalani program diet, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi menu makan yang sama setiap hari. Berdasar sebuah penelitian yang dipublikasikan pada PLOS One, variasi makanan memiliki andil pada hal ini.

Diketahui bahwa seseorang yang mengonsumsi beragam buah dan sayur mampu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding yang makanannya setiap hari sama.

4. Kelebihan nutrisi tertentu.

Menu makanan sama tiap hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Nutrisi yang kita perlukan tentu harus seimbang. Tidak hanya kekurangan nutrisi, kelebihan nutrisi juga nggak baik bagi kesehatan. Konsumsi makanan tertentu dalam jumlah banyak bisa membuatmu kelebihan nutrisi tertentu.

Contohnya mengonsumsi kunyit, sebenarnya menyehatkan. Tapi jika kamu setiap hari mengonsumsinya dengan takaran yang banyak, maka risiko timbulnya masalah pada liver juga semakin besar.

5. Eating disorder.

Menu makanan sama tiap hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Eating disorder adalah istilah untuk menggambarkan perilaku pilih-pilih makanan. Kamu bisa mengalami ini sehingga hanya bisa mengonsumsi makanan tertentu dan menghindari makanan lainnya. Hal ini bisa berujung pada malnutrisi dan berkurangnya berat badan secara tak sehat.