Brilio.net - Selain menjaga kesehatan tubuh, merawat kesehatan kulit juga tidak kalah pentingnya. Kulit yang sehat dan terawat pastinya akan menunjang penampilan seseorang. Tidak heran jika banyak produk dan jenis perawatan untuk menjaga kesehatan kulit.

Jika kesehatan kulit tidak dijaga, maka dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, dan tentunya akan mengganggu aktivitas harian kamu. Salah satunya adalah kondisi kulit kering yang dapat disebabkan beberapa hal, seperti terlalu lama berada di ruangan ber-AC, terlalu sering berenang atau terkena paparan sinar matahari hingga kurangnya asupan nutrisi bagi kulit.

Ternyata dengan rutin mengonsumsi makanan yang bernutrisi, akan berdampak baik bagi kesehatan kulit. Kondisi kulit tubuhmu bisa menjadi lebih lembap, kencang, cerah berseri dan tentunya mencegah kulit kering.

Lalu makanan-makanan apa sajakah itu? Berikut 5 makanan yang dapat menambah kulit kering seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (9/8).

1. Ikan.

mencegah kulit kering © 2018 Istimewa

foto: blog.yululate.com

Ikan memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang berkhasiat bagi kesehatan. Nah kandungan omega-3 dan antioksidan yang sangat tinggi serta asam lemak pada ikan mampu mempertahankan tingkat kelembapan kulitmu. Beberapa ikan laut yang baik untuk kulitmu adalah salmon, sarden dan tuna. Sebaiknya ikan-ikan tersebut dimasak dengan cara disteam atau dipanggang agar kandungan lemaknya bisa terjaga.

2. Tiram.

mencegah kulit kering © 2018 Istimewa

foto: Annabel-Langbein.com

Selain ikan, makanan laut lainnya yang juga dapat mencegah kulit kering adalah tiram. Makanan laut ini menjadi salah satu makanan yang mengandung zinc tertinggi. Kandungan inilah yang dapat membantu memperbaiki kulit dengan menciptakan kolagen. Selain tiram, panganan lain yang juga mengandung zinc adalah daging sapi, kacang-kacangan dan gandum.

3. Ubi Jalar.

mencegah kulit kering © 2018 Istimewa

foto: foodnetwork.com

Ubi jalar sangat kaya akan beta karoten dan vitamin A. Vitamin A sendiri merupakan salah satu asupan nutrisi yang paling penting untuk mencegah kulit kering. Tidak hanya itu, ubi jalar juga tinggi akan antioksidan sehingga mampu mencegah kulit dari penuaan dini.

4. Kacang-kacangan.

mencegah kulit kering © 2018 Istimewa

foto: zemjodelie.com

Kandungan vitamin E yang tinggi pada kacang-kacangan merupakan asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan kulit. Kandungan vitamin E mampu melindungi kulit kamu dari kerusakan sel oksidatif. Selain itu, vitamin E juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat membuat kulitmu kering.

5. Alpukat.

mencegah kulit kering © 2018 Istimewa

foto: justapinch.com

Sudah menjadi rahasia umum jika kandungan nutrisi dalam alpukat sangat baik untuk kulit. Buah yang satu ini mengandung vitamin E, antioksidan, serta lemak tak jenuh tunggal yang mampu menjadikan kulit menjadi lebih lembap. Alpukat juga mampu mencegah kulit dari penuaan dini serta mengurangi peradangan kulit.