Brilio.net - Orang Indonesia tidak bisa dipisahkan dari sambal. Rasa pedas selalu bisa membangkitkan selera makan. Tak heran makanan kekinian pun menggunakan sambal, termasuk snack atau camilan.

Sambal juga jadi bahan challenge populer di media sosial, seperti adu kuat makan cabai dalam satu menu tertentu. Banyak YouTuber yang mengunggah aksi mereka menikmati berbagai olahan kekinian dengan sambal. Melihat aksi mereka seringkali membuat air liur ikutan menetes.

Sambal sekarang juga dibuat dalam berbagai varian dan disajikan dengan lebih modern, seperti sambal dengan rasa bawang goreng asli di dalamnya. Perpaduan rasa pedas dengan gurihnya rasa bawang goreng memberikan pengalaman kuliner yang pastinya jadi lebih berbeda.

Sisi unik lain dari sambal adalah nggak semuanya cocok untuk jenis makanan berbeda. Lain makanan, beda pula jenis sambalnya.

Lantas sambal apa sih yang cocok untuk menemani menikmati camilan favorit? Kali ini brilio.net sajikan ulasan ragam sambal yang bisa kamu jadikan pilihan menikmati snack, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (29/11).

1. Sambal kecap.

jawara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sambal kecap memberikan sensasi yang berbeda lho. Rasanya yang manis membuat rasa pedasnya agak tersamarkan. Cocok untukmu yang tak terlalu suka pedas. Sambal ini pilihan pas untuk cocolan gorengan, sempol, kerupuk, dan aneka makanan lainnya. Sekali dicelup, snack dengan sambal kecap bisa memberikan kenikmatan yang mantap abis.

2. Sambal bawang goreng.

jawara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Ini nih yang unik, sambal yang dipadukan dengan rasa bawang goreng. Kombinasi rasa bawang goreng dengan pedasnya cabai memberi sensasi makan yang jadi lebih berbeda. Sambal yang satu ini paling cocok dijadikan sebagai cocolan berbagai makanan atau snack seperti gorengan, keripik, olahan ayam, seafood, dan lain-lain. Sekali coba, tanganmu pasti tak akan bisa berhenti mencocol snack ke sambal bawang goreng.

Kamu juga nggak perlu repot untuk membuat sambal ini karena kenikmatan sambal bawang goreng kini bisa kamu rasakan dalam Saus Sambal Jawara.

jawara berbagai sumber

foto: infobrand.id

Saus Sambal Jawara ini menggunakan cabai pilihan yang dibeli langsung dari petani. Jadi kamu tak perlu khawatir soal kesegarannya. Selain itu, Saus Sambal Jawara punya kemasan pouch yang bisa ditutup ulang sehingga praktis dibawa ke mana-mana. 

3. Sambal bawang.

jawara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Ngomongin sambal tak akan lengkap tanpa sambal satu ini. Sambal bawang memang cocok dijadikan teman menikmati berbagai masakan kekinian Indonesia. Makanan seperti mi goreng hits, ayam geprek, dan lain-lain bakalan makin lezat dengan sambal bawang. Siapa pun yang mencoba sambal bawang pasti akan ketagihan.

4. Sambal keju mozzarella.

jawara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan keju mozzarella? Rasanya yang lumer di mulut membuat keju mozzarella begitu banyak dinikmati. Bahkan, kreasi berbahan keju ini makin beragam, termasuk dipadukan dengan sambal.

Sambal mozzarella ini sering kamu temukan di masakan seperti ayam geprek. Ayam yang sudah digeprek dengan sambal, kemudian diselimuti keju mozarella yang lumer. Kebayang kan bagaimana enaknya?

5. Sambal kacang.

jawara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Bicara pedas jangan sampai melupakan yang namanya sambal kacang. Walaupun punya tekstur berbeda dari yang lain, sambal kacang tetap lezat lho. Kamu bisa menikmatinya untuk berbagai masakan seperti satai ayam, cireng, siomay, batagor, dan lain-lain. Rasa kacang yang menggigit membuat sambal ini selalu dinikmati anak muda.

6. Sambal mercon.

jawara berbagai sumber

foto: Vemale.com

Untuk kamu penggemar sambal, jangan sampai melewatkan sambal satu ini. Sambal mercon terkenal dengan rasa pedasnya yang luar biasa. Pedasnya cabai rawit dipadu asamnya jeruk nipis pasti sangat terasa di mulut. Sambal seperti ini bisa dijadikan teman makan gorengan seperti tempe, bakwan, dan tahu lho!