Brilio.net - Kopi bukan lagi minuman yang hanya cocok dinikmati untuk menyalakan 'saklar' otak untuk memulai kegiatan. Minuman berkafein ini bisa mencerahkan mood selama kamu pandai memilih jenis yang tepat.

Doddy Samsura, juara Indonesia Barista Competition 2012, memberi beberapa rekomendasi kopi yang cocok dengan mood kamu. Simak ulasannya berikut ini ya, Senin (2/5).

1. Kopi hitam

Kopi hitam pekat cocok diminum pada pagi hari agar kamu bisa melek dan menjalani hari dengan semangat.

2. Moccacino

Minuman yang mengandung cokelat cocok bila kamu sedang merasa sedih atau kesal. Cokelat sudah dikenal bisa bisa menghasilkan hormon endorfin yang membuat orang merasa bahagia. "Kopi campur cokelat juga cocok kalau mau mengobrol lama dengan topik yang berat, agar lebih cheer up," kata Doddy.

3. Caffe Latte

Kopi dengan campuran susu seperti caffe latte atau cappuccino mengandung kafein yang lebih sedikit ketimbang kopi hitam. Minuman ini cocok dipesan bila kamu ingin ngopi malam hari tanpa ada niat begadang. Kopi dengan campuran susu juga bisa dinikmati untuk mengenyangkan perut yang masih lapar ketika jam makan siang atau makan malam tak kunjung datang.

4. Cold brew

Cold-brew, kopi yang diseduh dengan air dingin lalu disimpan di kulkas dalam waktu lama, cocok untuk kamu yang sedang mengalami gangguan perut namun ingin menikmati kopi. Sebab, kopi yang diseduh dengan air dingin ini punya efek yang lebih ramah untuk pencernaan ketimbang kopi yang diracik secara konvensional.