Brilio.net - Sebagai salah satu jenis sayuran berdaun hijau, brokoli mengandung gizi dan nutrisi baik bagi tubuh. Dilansir dari healthline.com, sayuran hijau satu ini memiliki kandungan serat, protein, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan tersebut dapat melancarkan sistem saluran pencernaan, memelihara kesehatan jantung, hingga mengurangi risiko penyakit kanker.

Dengan segudang manfaat tersebut, brokoli jadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Teksturnya yang unik membuat sayuran ini berbeda dengan sayuran lainnya. Brokoli bisa kamu olah menjadi camilan maupun hidangan berat yang menggugah selera.

Untuk menjaga nustrisi dan teksturnya, memasak brokoli tak butuh waktu yang lama. Nggak hanya mengubah teksturnya, merebus brokoli terlalu lama juga dapat merusak kandungan nutrisinya. Selain itu, merebus brokoli juga jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang.

Pasalnya, salah satu kendala yang terjadi saat merebus adalah warnanya jadi tidak secerah sebelumnya. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena ternyata ada trik mudah dan simpel yang bisa dilakukan untuk menjaga warna brokoli agar tetap hijau setelah direbus.

Trik ini cocok untuk kamu yang hendak mengolah brokoli jadi salad atau ide jualan. Kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh akun TikTok bernama @linggahamasah. Lewat salah satu videonya, ia memperlihatkan trik merebus brokoli agar warnanya tetap cantik.

Trik rebus brokoli tiktok © 2022 brilio.net

foto: TikTok/@linggahamasah

Dilansir dari BrilioFood pada Sabtu (6/8), dalam video tersebut, akun TikTok/@linggahamasah memperlihatkan setiap step dengan berurutan. Sebelum direbus, pastikan brokoli sudah dipisahkan dari bonggolnya dan dicuci bersih dengan air mengalir. Batang brokoli tak perlu ikut dibuang, karena bagian itu juga bisa dimakan.

Trik rebus brokoli tiktok © 2022 brilio.net

foto: TikTok/@linggahamasah

Siapkan panci berisi air hangat yang sudah ditambahkan garam di dalamnya. Tak terlalu banyak, ia hanya menambahkan sesendok makan garam. Hal ini bukan tanpa tujuan, karena dengan cara ini kotoran-kotoran ataupun hewan-hewan kecil di dalam brokoli akan mati. Tunggu hingga garam larut, lalu masukkan brokoli ke dalam air rebusan.

Trik rebus brokoli tiktok © 2022 brilio.net

foto: TikTok/@linggahamasah

Masukkan brokoli yang sudah dicuci bersih ke dalam air rebusan. Pastikan brokoli terendam sempurna di air rebusan. kemudian rebus brokoli sebentar saja. Jika brokoli sudah matang, kamu bisa angkat, saring dan langsung tiriskan brokoli dengan memasukkan ke dalam baskom berisi air es.

Trik rebus brokoli tiktok © 2022 brilio.net

foto: TikTok/@linggahamasah

Setelah brokoli dimasukkan ke dalam air es, diamkan beberapa saat. Hal tersebut bertujuan agar menghentikan proses memasak brokoli, sehingga tingkat kematangan brokoli pas dan warnanya tetap hijau cerah. Selain menggunakan air es, kamu juga bisa merendam brokoli yang sudah direbus dengan air dingin.

Video tutorial merebus brokoli ini pun turut mengundang perhatian banyak warganet. Hal ini terbukti dari angka viewers yang sudah ditonton tiga ribu kali. Beberapa di antaranya juga mengaku senang mendapat trik baru untuk merebus brokoli. Bahkan ada yang hendak mempraktikkannya secara langsung.

@linggahamasah semoga bermanfaat #berbagiilmu #cooking #masakdirumah #healtyfood #fyp #kuliner #masaktiktok #reseptiktok Beggin' - Måneskin

 

"Enak y jadi seger,"ungkap akun TikTok/@Yaya.

"Makasih tips nya," tulis akun TikTok/@Nana.

"Makasih informasinya," ungkap akun TikTok/@Prima Andanny.

"Waahh kita samaan bund, sebelum masak brokoli saya rebus dulu, biar kuman pada mati," tulis akun TikTok/@Ismavin93.