Brilio.net - Kalau kamu sering masak, pasti sudah nggak asing dengan berbagai bumbu dapur. Apalagi Indonesia sangat kaya akan bumbu rempah tradisional, mulai dari jahe, lada, bawang, lengkuas, kunyit, cabai, serai, dan lain sebagainya.

Walaupun bisa bikin masakan jadi lezat, tetapi sisa pakai beberapa bumbu tersebut terkadang bikin kesal sendiri, nih. Contohnya kunyit yang warna kuningnya sulit dibersihkan dari tangan maupun alat masak. Misalnya pada blender, noda kuning yang berasal dari kunyit pun biasanya sulit dibersihkan.

Untuk membersihkan blender dari noda bumbu, biasanya orang mencoba berbagai cara. Ada yang pakai air panas hingga deterjen. Namun, kedua cara tersebut dianggap kurang cocok. Air panas bisa bikin pisau blender jadi tumpul. Sedangkan deterjen bisa berisiko mengontaminasi blender yang akan dipakai untuk membuat makanan ataupun minuman.

Berbicara soal teknik membersihkan blender, ada salah satu akun Instagram yang mencontohkan caranya, nih. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram/@itsyantinugraha pada Rabu (20/7), cara membersihkan noda membandel pada blender itu ternyata tidak terlalu sulit.

Menurut @itsyantinugraha, kamu hanya perlu dua bahan saja, yakni pasta dan sikat gigi. Oleskan pasta ke sikat gigi, lalu gosok ke seluruh bagian blender terutama yang terkena noda.

Cara bersihkan blender dari noda bumbu © Instagram

foto: Instagram/@itsyantinugraha

Kemudian, isi blender dengan air sampai penuh. Tutup dan siapkan blender seperti akan menghaluskan bahan makanan pada umumnya. Nyalakan blender dan tunggu beberapa saat sampai seluruh noda tersapu bersih.

Cara bersihkan blender dari noda bumbu © Instagram

foto: Instagram/@itsyantinugraha

Setelah itu, bilas wadah blender dengan air dan sabun pencuci piring seperti biasa untuk menghilangkan sisa pasta gigi yang masih menempel. Keringkan dan kamu bisa lihat hasil blender terlihat kinclong seperti baru lagi. Simpel, bukan?

Cara bersihkan blender dari noda bumbu © Instagram

foto: Instagram/@itsyantinugraha

Video cara membersihkan blender itu telah disukai puluhan ribu akun lain. Rupanya banyak yang punya permasalahan serupa, yakni noda kunyit membandel pada blender. Tak sedikit penghuni dunia maya turut terbantu dengan trik yang dibagikan. Ada pula yang membagikan trik membersihkan blender dengan cara lain.

"Aku pake deterjen, sama air panas. Cling bgt ," jelas akun Instagram/@novidnatalia.

"Makasihhh akhirnya si mitochiba bisa bening lagi," ungkap Instagram/@saputri_devy.

"akhirnya ketemu solusinya makasi teteh," tulis Instagram/@ummunailah_ di kolom komentar.

"Auto di praktekin ini mah...mksh teteh," ujar Instagram/@sinarkencanadwi.

"Kalo aku tiap blender kunyit kasih cuka 1-2 tetes jadi gak sampe nempel gitu...," terang akun Instagram/@puterindrya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yanti Nugraha (@itsyantinugraha)