Brilio.net - Perayaan ulang tahun merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Momen yang hanya datang satu tahun sekali ini kerap dianggap sebagai waktu yang istimewa bagi banyak orang.

Pada perayaan ulang tahun, biasanya ucapan selamat dan doa diberikan kepada mereka yang sedang berulang tahun. Selain itu, tidak jarang perayaan ulang tahun juga dirayakan dengan kue ulang tahun yang umumnya berupa kue tart.

Nah ternyata selain kue tart, beberapa negara lainnya mempunyai kebiasaan yang berbeda dengan menghadirkan makanan-makanan unik saat perayaan ulang tahun. Mulai dari hidangan manis hingga bercita rasa gurih.

Mau tahu apa saja makanan-makanan unik tersebut? Berikut 6 jenis makanan unik yang biasanya ada saat perayaan ulang tahun di berbagai negara seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (5/7).

1. Birthday Breakfast, Ghana.

makanan unik saat perayaan © 2018 Istimewa

foto: spoonuniversity.com

Masyarakat Ghana mempunyai kebiasaan merayakan ulang tahun yang cukup unik. Pasalnya mereka akan menggelarnya di pagi hari sesaat sebelum mulai beraktivitas.  Saat hari kelahirannya, masyarakat Ghana akan menyiapkan sarapan spesial di pagi hari dengan beragam hidangan lezat yang jarang disantap setiap harinya.

Namun demikian, ada dua jenis makanan utama yang wajib tersedia yaitu telur rebus dan yam (sejenis umbi) tumbuk yang melambangkan harapan akan kelancaran rezeki.

 

2. Fairy Bread, Australia.

makanan unik saat perayaan © 2018 Istimewa

foto: myrecipes.com

Ketika berulang tahun, orang-orang Australia akan menyajikan hidangan fairy bread yang terdiri dari potongan roti tawar panggang yang diolesi dengan mentega terbaik dan ditaburi sprinkle warna-warni yang bercita rasa manis. Meski terlihat sederhana, makanan ini mempunyai makna yang sangat mendalam.

Roti panggang melambangkan betapa masyarakat Australia dituntut bekerja keras untuk meraih hasil terbaik dihidupnya, sedangkan sprinkle warna-warni menjadi representasi dari doa untuk mendapat hasil terbaik dari segala upaya yang dilakukan dalam menjalani hidup.

 

3. Mie Panjang Umur, China.

makanan unik saat perayaan © 2018 Istimewa

foto: resepbuntik.com

Mi dalam budaya kuliner China memang sudah sejak lama memainkan peranan penting, sehingga masyarakat China kerap memasukkannya dalam filosofi kehidupan mereka. Bentuk mi yang panjang dan bertekstur cenderung licin membuatnya dianggap sebagai perlambang umur panjang dan rejeki yang melimpah.

Tidak mengherankan jika mi kerap disajikan sebagai hidangan spesial saat perayaan ulang tahun. Semakin panjang mi yang dimakan, semakin panjang pula doa yang kemungkinan akan terkabul. Biasanya, saat perayaan ulang tahun akan disajikan mi dalam kuah gurih dengan tambahan telur rebus sebagai perlambang kesuburan.

 

4. Fruit Pie, Rusia.

makanan unik saat perayaan © 2018 Istimewa

makanan unik saat perayaan © 2018 Istimewa

foto: enjoyrussian.com

Negara Rusia yang cenderung selalu memiliki cuaca dingin sangat menyukai musim panas yang dianggap sebagai pertanda harapan baik. Semangat musim panas menjadi acuan untuk merayakan berbagai momen istimewa, termasuk perayaan ulang tahun.

Biasanya masyarakat Rusia akan menyajikan pie buah sebagai hidangan utama dengan isian dan toping buah segar. Di mana hidangan tersebut merupakan perlambang keberkahan yang lebih baik untuk satu tahun ke depan.

 

5. Miyeokguk, Korea Selatan.

makanan unik saat perayaan © 2018 Istimewa

foto: tastykfood.com

Buat kamu pecinta drama Korea mungkin sudah sering melihat sajian yang satu ini saat salah satu pemerannya berulang tahun. Ya, masyarakat Korea Selatan masih menjaga tradisi untuk memperingati hari ulang tahun dengan menyantap miyeokguk, yakni sejenis sup yang terbuat dari rumput laut.

Sajian ini menggambarkan doa untuk kelancaran rezeki. Biasanya selain rumput laut, sup ini juga akan diberi tambahan aneka jamur atau kerang-kerangan.

 

6. Nasi Tumpeng, Indonesia.

makanan unik saat perayaan © 2018 Istimewa

foto: malioborocatering.com

Nasi tumpeng yang biasanya hadir dalam momen-momen istimewa seperti ulang tahun mempunyai makna filosofis yang dalam . Secara etimologi dalam masyarakat Jawa, ditemukan bahwa kata 'tumpeng' merupakan akronim dari kalimat 'yen meTu kudu meMPENG' yang berartu ketika menjalani hidup harus sungguh-sungguh semangat.

Maka tak heran jika nasi tumpeng memiliki bentuk kerucut yang merepresentasi konsep ketuhanan dengan sesuatu yang besar dan tinggi serta berada di puncak. Selain itu, bentuk yang menjulang ke atas juga menyimbolkan harapan agar tingkat kehidupan manusia semakin baik alias sejahtera.