Brilio.net - Melihat tumbuh kembang buah hati adalah sebuah pengalaman seru dan nggak bisa dilupakan oleh orang tua. Apalagi saat anak sudah mulai MPASI, setiap orang tua pasti ingin memberikan nutrisi terbaik bagi anaknya.

Sama seperti Tasya Kamila yang terus memantau tumbuh kembang putranya. Namun saat sang buah hati mulai MPASI, istri Randi Bachtiar ini pernah dibuat pusing ketika Arrasya Wardhana Bachtiar susah makan. Ternyata penyebabnya anak susah makan karena berbagai hal, seperti bosan atau Gerakan Tutup Mulut (GTM).

Sebagai orang tua seperti Tasya pasti sangat kebingungan ketika putranya menutup mulut dan nggak mau makan. Tetapi, perempuan 28 tahun ini berhasil melewati masa-masa itu. Tasya pun membagikan trik berdasarkan pengalamannya saat anak nggak mau makan melalui highlight Instagram Stories.

Lalu, trik apa saja yang dilakukan Tasya Kamila? Berikut BrilioFood rangkum dari akun Instagram @tasyakamila pada Kamis (9/9).

1. Kenali penyebabnya.

trik anak makan Tasya © berbagai sumber

foto: Instagram/@tasyakamila

Sebelum menemukan solusinya, pastikan terlebih dahulu penyebab anak susah makan. Bisa jadi anak sedang kurang sehat, bosan dengan menu, sedang tumbuh gigi, atau Gerakan Tutup Mulut (GTM).

"Akupun masih suka stress dendiri kalau dia mulai gamau2 makan, tapi kita harus cari tau knp dia gamau makan." tulis Tasya.

2. Ganti menu.

trik anak makan Tasya © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Menurut Tasya, bisa jadi anak nggak suka dengan menu yang disantap. Kamu bisa mencoba untuk mengganti saat itu juga. Bisa diganti dengan menu makan anak yang biasa disukai.

"ganti menu saat itu juga, mentoknya bikinin nasi ikan/ayam/telur goreng keju parut, pokoknya makanan kesukaan dia yg dia auto lahap" jelas Tasya.

3. Beri finger food.

trik anak makan Tasya © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Bisa jadi anak sedang tumbuh gigi, namun Tasya tetap memberi putranya makan sedikit demi sedikit. Bisa diberi makanan ringan seperti finger food.

"wajar bgt kalau ga nafsu makan. Tetep aku kasih finger food, bikin yang teksturnya lebih lembut dulu," tulis Tasya.

4. Berikan snack yang padat gizi.

trik anak makan Tasya © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Selain sedang tumbuh gigi, anak nggak mau makan juga bisa karena sedang batuk pilek. Namun agar tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya, kamu bisa memberikan snack dengan tekstur lembut seperti martabak atau risoles.

"snacknya dikasihin yg padat gizi kyk risoles/martabak, pokoknya kita harus kreatif deh" ungkap Tasya.

5. Jangan berikan camilan saat sebelum jam makan.

trik anak makan Tasya © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Sebelum jam makan sebaiknya jangan diberikan banyak camilan. Karena anak akan merasa kenyang sebelum jam makannya. Sebaiknya berikan jarak antara saat makan camilan dan makan utama.

6. Perhatikan tumbuh kembang anak.

trik anak makan Tasya © berbagai sumber

foto: Instagram/@tasyakamila

Saat anak mengalami Gerakan Tutup Mulut (GTM), perhatikan berat dan juga tinggi badan anak. Jika terus mengalami kenaikan berarti GTM hanyalah drama yang bisa dilewati.

"Menurutku yg penting: perhatian pertumbuhan dan perkembangan dia. Selama BB dan TB naiknya sesuai, di kurva growth jg ok berarti GTMnya hanyalah drama2 kehidupan belaka..." kata Tasya.

7. Konsultasi ke dokter.

trik anak makan Tasya © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Jika GTM mempengaruhi berat dan tinggi badan anak, sebaiknya segera konsultasi ke dokter yang terpercaya.