Brilio.net - Berbagai manfaat kesehatan bisa kita dapatkan dari bahan-bahan alami seperti sayur dan buah-buahan. Salah satunya buah lemon yang diklaim menyehatkan dan memiliki banyak manfaat.

Popularitas lemon kini makin melejit. Banyak restoran menyediakan minuman dari lemon ini untuk para pelanggannya. Tak sedikit orang juga mencoba memulai hari mereka dengan air lemon dibanding teh ataupun kopi.

Namun kini untuk menikmati lemon, bisa sangat mudah dan praktis dengan menjadikannya infused water. Minuman ini merupakan air yang telah diresapi dengan rasa dari potongan buah-buahan segar, sayuran, atau rempah-rempah. Karena dibuat dengan menanamkan rasa, ketimbang membuat jus, infused water mengandung sangat sedikit kalori loh.

Popularitas infused water sebagai minuman sehat makin meningkat. Minuman ini biasanya disimpan dalam sebotol air mineral, lalu didinginkan atau disimpan dalam kulkas selama 1-7 jam, agar sari buah lebih menyatu dengan air. Ini membuatnya menjadi minuman populer untuk rejimen detox seperti "lemon detox" pada infused water lemon.

Biasanya bagi sebagian orang akan membuang bahan-bahan rendaman itu karena dirasa kurang enak. Tetapi terlepas bagaimana cara mengonsumsinya, infused water dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Lalu apa saja manfaat lainnya? Berikut deretan manfaat infused water lemon untuk kesehatan seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (16/7).

1. Menurunkan berat badan.

Manfaat infuse water lemon freepik.com

foto: freepik.com

Nah, bagi kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, bisa mencoba mengonsumsi infused water lemon. Menurut penelitian, di dalam lemon terdapat kandungan pektin atau jenis serat yang diklaim dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama. Namun pastinya juga harus diimbangi dengan berolahraga, ya. Kamu bisa mengonsumsi infused water lemon sebelum makan agar porsi terjaga dan juga setelahnya, agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

2. Detoksifikasi.

Manfaat infuse water lemon freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat berikutnya yakni dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi merupakan proses membuang zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini akan membantu kinerja hati, ginjal, dan sistem pencernaan dalam membuang kotoran. Lemon mengandung asam sitrat yang efektif mengoptimalkan kinerja hati, ginjal, dan sistem pencernaan untuk melakukan proses detoksifikasi.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan.

Manfaat infuse water lemon freepik.com

foto: freepik.com

Hidrasi penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga buang air besar secara teratur. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan konstipasi, yang dapat membuat kembung. Minum air infused water lemon dapat membantu makanan melewati usus dengan lancar dan mencegah sembelit. Pada dasarnya, air dapat membuat tubuh bekerja lebih optimal sehingga proses pembuangan zat sisa dari organ-organ tubuh menjadi lebih maksimal.

4. Menjadi sumber vitamin C.

Manfaat infuse water lemon freepik.com

foto: freepik.com

Lemon merupakan buah sitrus yang kaya akan vitamin C. Vitamin C dapat menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidannya, dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit seperti flu dan demam. Tidak hanya itu, ternyata vitamin C dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit stroke dan juga menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin C dalam lemon juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin harian kamu.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat infuse water lemon freepik.com

foto: freepik.com

Jika sudah secara rutin meminum infused water lemon, kamu juga dapat memperoleh manfaat lainnya yakni kekebalan tubuh akan meningkat. Kamu akan terhindar dari penyakit seperti demam, flu, dan masih banyak lagi. Untuk hasil optimal, kamu bisa membuat racikan lemon dan madu setiap pagi ketika perut masih kosong. Apalagi ketika sedang demam atau flu, ramuan ini dapat ampuh menghilangkan penyakit tersebut.

6. Membantu menjaga kesehatan ginjal.

Manfaat infuse water lemon freepik.com

foto: freepik.com

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Ginjal memiliki peran yang sangat penting untuk mengatur jumlah cairan dalam tubuh agar tetap dalam batas yang diperlukan, mengeluarkan kotoran dari tubuh, dan mengatur tekanan darah. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

7. Mencegah penuaan dini.

Manfaat infuse water lemon freepik.com

foto: freepik.com

Seperti kita ketahui lemon dikenal memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti merawat kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Kombinasi vitamin C yang terkandung dalam lemon dan antioksidan dapat membantu tubuh memproduksi kolagen sehingga membuat kulit terlihat kencang dan kenyal.

8. Menambah energi.

Manfaat infuse water lemon freepik.com

foto: freepik.com

Saat kamu sering merasa cepat lelah atau lemas, sebaiknya cobalah minum infused water lemon. Minuman sehat ini dipercaya dapat memulihkan dan menambah energi. Tak hanya menambah energi, infused water lemon juga dapat memperbaiki mood kamu.

9. Napas lebih segar.

Manfaat infuse water lemon freepik.com

foto: freepik.com

Saat mengonsumsi makanan atau rempah seperti bawang-bawangan, biasanya napas akan menjadi lebih bau dari biasanya. Dengan meminum infused water lemon, kamu bisa menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Lemon dipercaya dapat merangsang air liur, sehingga mulut tidak kering atau dipenuhi bakteri yang biasanya menjadi penyebab utama bau mulut.