Brilio.net - Apel merupakan salah satu buah yang banyak disukai orang karena memiliki rasa yang lezat. Apel bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Bisa dimakan secara langsung dengan kulitnya, atau dimasak dan diolah menjadi menu olahan baru, misalnya direbus atau dijadikan jus.

Apel kaya akan antioksidan tinggi, senyawa penangkal penyakit. Senyawa ini dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi pada aktivasi sel normal. Apel juga kaya akan serat yang disebut pektin. Pektin ini memiliki sifat larut, dapat difermentasi, dan kental.

Dilansir dari Authority Nutrition, apabila apel dikonsumsi secara rutin, akan membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Buah berkulit merah, hijau, dan orange ini bukan hanya dapat menyehatkan kulit, tapi juga mengandung manfaat kesehatan lainnya.

Nah, apa saja manfaat kesehatan dari buah apel ini? Simak rangkumannya di bawah ini, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (5/7).


1. Menurunkan berat badan.

manfaat apel kesehatan pixabay

foto: pixabay


Apel kaya serat dan air yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin. Makan irisan apel dapat menurunkan rata-rata 200 kalori. Selain itu apel juga menjadi salah satu buah yang dapat mengenyangkan karena padat energi.


2. Baik untuk jantung.

manfaat apel kesehatan pixabay

foto: pixabay


Apel dapat meningkatkan kesehatan jantung. Apel memiliki kandungan serat yang tinggi bersifat larut, serat lembut dan dapat menyerap air, sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol. Apel juga memiliki polifenol, yang terkait dengan tekanan darah rendah dan risiko stroke.


3. Mencegah diabetes.

manfaat apel kesehatan pixabay

foto: pixabay


Mengonsumsi buah apel sering kali dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2. Hal ini lantaran apel memiliki kandungan antioksidan polifenolnya. Makan apel sekali sehari secara rutin dapat menurunkan 28% risiko diabetes tipe 2, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.


4. Baik untuk usus.

manfaat apel kesehatan pixabay

foto: pixabay


Apel mengandung pektin, sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik. Jenis serat dalam apel dapat memberi makan bakteri baik di dalam usus besar. Ini sangat baik untuk proses pencernaan dan melancarkan buang air besar. Sebab itu pula apel dapat melindungi konsumen dari obesitas atau kegemukan.


5. Mencegah kanker.

manfaat apel kesehatan pixabay

foto: pixabay


Apel memiliki beberapa senyawa alami yang dapat membantu melawan sel kanker. Dilansir dari healthline, orang yang makan buah apel secara rutin memiliki tingkat kematian karena kanker lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.


6. Mengobati asma.

manfaat apel kesehatan pixabay

foto: pixabay


Apel mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatur respons imun dan melindungi tubuh dari asma. Kulit apel mengandung flavonoid quercetin, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.


7. Menguatkan tulang.

manfaat apel kesehatan pixabay

foto: pixabay


Senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam apel dapat meningkatkan kesehatan tulang. Terlebih lagi, makan buah apel dapat membantu menjaga massa tulang seiring bertambahnya usia. Mereka yang makan apel secara rutin akan lebih sedikit kehilangan kalsium di dalam tubuh.


8. Melindungi perut dari cidera.

manfaat apel kesehatan pixabay

foto: pixabay


Manfaat apel yang satu ini akan terlihat setelah kamu mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, obat anti-peradangan (NSAID). Apel mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi lapisan perutmu dari cedera akibat obat penghilang rasa sakit NSAID.


9. Mencerdaskan otak.

manfaat apel kesehatan pixabay

foto: pixabay


Jus apel dipercaya dapat membantu mencegah penurunan neurotransmiter yang terlibat dalam memori. Senyawa antioksidan dalam apel dapat melawan terjadinya penurunan fungsi kognitif pada otak. Sehingga apel sangat baik dikonsumsi untuk mencerdaskan otak.