Brilio.net - Pandemi Covid-19 masih menjadi PR bagi dunia, tak terkecuali di Indonesia. Selama dua tahun terakhir ini, masyarakat dianjurkan untuk terus menerapkan prokes dan kesehatan tubuh agar terhindar dari gempuran virus Covid-19. Selain itu, melakukan vaksin juga wajib dilakukan demi terhindar dari virus corona ini.

Pasalnya, jika terpapar virus ini bisa menyebabkan berbagai penyakit. Memang gejala yang dialami masing-masing orang dapat berbeda saat terkena corona, tetapi umumnya virus ini bisa menyebabkan batuk, sakit tenggorokan, demam, flu, diare, sakit kepala, dan masih banyak lagi. Makanya sebaiknya mendapatkan vaksin sesegera mungkin.

Nah, sebelum dan sesudah vaksin, penting untuk memperhatikan asupan makanan. Sebelum vaksin, pastikan perut sudah terisi dengan makanan sehat yang bisa menambah energi. Setelah vaksin, penting juga untuk memperhatikan asupan makanan agar vaksin bisa bekerja dengan baik.

INFOGRAFIS MAKANAN DIHINDARI USAI VAKSIN © 2022 brilio.net

INFOGRAFIS MAKANAN DIHINDARI USAI VAKSIN
© 2022 brilio.net/Jayadi Priyanto

Oleh karena itu, penting untuk menghindari makanan tertentu yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh agar kondisi tubuh tetap fit dan vaksin bisa bekerja dengan baik. Berikut delapan makanan sebaiknya dihindari usai vaksin Covid-19, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Jumat (25/2).

1. Minyak sayur.

Makanan dihindari usai vaksin © Unsplash

foto: Unsplash/Wine Dharma

Usai vaksin, sebaiknya nggak mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak sayur terlebih dahulu. Dilansir dari eatingwell.com, minyak sayur ini bisa menyebabkan tubuh inflamasi. Direkomendasikan menggunakan olive oil yang lebih sehat.

2. Nugget.

Makanan dihindari usai vaksin © Unsplash

foto: Unsplash/Tyson

Nugget termasuk salah satu makanan olahan yang kurang baik dikonsumsi usai vaksin. Melansir Dr. Heather Koza, MD, dari Comprehensive Integrative Healthcare di Michigan, Amerika Serikat, sebaiknya makanan olahan seperti nugget dihindari karena tak terlalu mengandung nutrisi tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Sosis.

Makanan dihindari usai vaksin © Unsplash

foto: Unsplash/Louis Hansel

Sama halnya dengan nugget, sosis pun termasuk makanan olahan yang sebaiknya dihindari usai vaksin. Apalagi, makanan ini juga kebanyakan cenderung tinggi lemak dan bisa menyebabkan inflamasi pada tubuh.

4. Olahan tepung.

Makanan dihindari usai vaksin © Unsplash

foto: Unsplash/Immo Wegmann

Makanan olahan tepung, terutama tepung putih juga direkomendasi untuk dihindari setelah mendapat vaksin. Dilansir dari regenerativedocs.com, olahan tepung ini tinggi indeks glikemik yang bisa jadi penyebab inflamasi.

5. Mi.

Makanan dihindari usai vaksin © Unsplash

foto: Unsplash/Joshua Ryder

Olahan mi juga umumnya dibuat pakai tepung, sehingga kamu bisa menggantinya dengan jenis makanan lain. Untuk mi sendiri, kamu bisa memilih jenis mi yang lebih bernutrisi. Dilansir dari healthline.com, salah satu jenis mi yang aman untuk mencegah inflamasi adalah shirataki karena indeks glikemiknya rendah.

6. Camilan.

Makanan dihindari usai vaksin © Unsplash

foto: Unsplash/The Organic Crave Company

Camilan dalam kemasan seperti yang dijual di pasaran juga berisiko bikin inflamasi, lho. Dilansir dari news18.com, makanan ini sebaiknya dihindari usai vaksin. Sebab, berbagai jenis camilan bisa jadi sangat tinggi gula, garam, dan komposisi lainnya.

7. Makanan tinggi gula.

Makanan dihindari usai vaksin © Unsplash

foto: Unsplash/Rod Long

Makanan tinggi gula pun sebaiknya tak dikonsumsi terlebih dahulu usai vaksin. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, makanan tinggi gula ini juga berisiko bikin inflamasi dan tubuh jadi kurang fit.

8. Gorengan.

Makanan dihindari usai vaksin © Unsplash

foto: Unsplash/Parmanand Jagnandan

Yang terakhir, ada gorengan yang sebaiknya dihindari setelah divaksin. Dilansir dari fitnessfirst.com.sg, gorengan wajib dihindari usai vaksin agar tubuh tetap bisa menangkal inflamasi dan mendukung vaksin bekerja dengan baik di dalam tubuh.