Brilio.net - Olahraga merupakan aktivitas yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun sayangnya aktivitas fisik ini kerap ditinggalkan dan diabaikan. Pada dasarnya, tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsi organ. Olahraga menjadi salah satu cara mudah yang bisa dilakukan di mana saja dan tak mengenal batas usia.

Orang yang kerap melakukan olahraga, terlihat lebih sehat dan tak mudah terserang penyakit. Olahraga bermanfaat bagi kesehatan jantung, memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, mengatur keseimbangan sistem imun, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Para ahli bahkan telah membuktikan bahwa saat berolahraga, aliran darah berjalan lebih lancar, hal ini membuat organ tubuh menjadi lebih kuat. Namun olahraga saja tidak cukup jika tidak menjaga pola makan yang sehat. Kamu juga harus pintar-pintar memilih makanan yang sehat dan mudah dicerna tubuh. Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah jenis makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga. Meski usai olahraga kamu akan merasa haus dan lapar, sebisa mungkin untuk tidak sembarangan memilih makanan dan minuman.

Saat kamu berolahraga, tubuh akan merasa lelah, oleh karenanya tubuh membutuhkan makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat untuk menggantikan energi yang hilang. Nah berikut ini beberapa jenis makanan yang baik kamu konsumsi usai berolahraga yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (8/3).

1. Susu cokelat

Makanan dan minuman usai olahraga istimewa

foto: pixabay.com

Usai berolahraga, kamu bisa mengonsumsi susu cokelat untuk mengembalikan energi yang hilang. Susu cokelat mengandung protein, karbohidrat, dan nutrisi penting yang optimal seperti potasium. Susu cokelat sangat mudah ditemui, oleh karenanya mengonsumsi susu cokelat bukan hal sulit untuk kamu bukan? Lakukan secara rutin usai olahraga, agar dapat mengembalikan energi tubuhmu.

2. Pisang

Makanan dan minuman usai olahraga istimewa

foto: pixabay.com

Pisang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya sebelum dan setelah olahraga. Pisang mengandung gula alami yang baik untuk memulihkan energi setelah berolahraga. Molekul yang terkandung di dalam pisang dapat apat dengan cepat mencapai jaringan otot tubuh dan mengembalikan kadar glikogennya yang dibutuhkan.

3. Salad buah

Makanan dan minuman usai olahraga istimewa

foto: pixabay.com

Mengonsumsi salad buah usai berolahraga, kamu akan mendapatkan paket lengkap sekaligus yakni makanan dan minuman. Salad buah yang terdiri dari beberapa buah-buahan seperti jeruk, beri, melon dan beberapa buah segar lainnya sangat efektif mengembalikan kondisi fisikmu. Kamu juga akan mesa kenyang dan haus akan hilang.

4. Jus delima

Makanan dan minuman usai olahraga istimewa

foto: pixabay.com

Buah delima mengandung antioksidan polifenol dan potasium, kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi otot menjadi lebih sehat. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus lebih praktis. Beberapa penelitian bahkan telah membuktikan bahwa buah delima memiliki khasiat tinggi untuk kesehatan tubuh. Jadi pastikan setelah olahraga untuk mengonsumsi minuman segar ini ya.

5. Roti isi telur

Makanan dan minuman usai olahraga istimewa

foto: pixabay.com

Siapa yang tak tergiur dengan makanan lezat dan sehat ini? Nah usai berolahraga kamu bisa mengonsumsinya. Kamu bisa merebus telur ceplok sampai matang, kemudian panggang roti, kemudian taruh telur di atas roti. Jika kamu ingin, kamu bisa menambahkan alpukat atau sayuran hijau lainnya.

6. Keju

Makanan dan minuman usai olahraga istimewa

foto: pixabay.com

Keju kaya akan manfaat, pada setiap ons keju mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi. Pilihan tepat setelah olahraga untuk makan keju. Tubuh akan menjadi lebih sehat dan pastinya olahragamu tidak akan sia-sia.

7. Kacang almon

Makanan dan minuman usai olahraga istimewa

foto: pixabay.com

Kacang almon bisa kamu jadikan cemilan usai berolahraga. Pasalnya kacang almon mengandung mineal, riboflavin, dan protein yang baik untuk meningkatkan energi. Kandungan itu juga mampu memulihkan energi yang terkuras saat berolahraga.

8. Brokoli

Makanan dan minuman usai olahraga istimewa

foto: pixabay.com

Brokoli memang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa mengolahnya dalam berbagai cara, dibuat jus maupun ditumis. Brokoli mengandung vitamin K, kolin, nutrien yang berfungsi penting untuk menyusun membran sel. Menu sehat ini bisa kamu manfaatkan usai berolahraga.