Brilio.net - Awal tahun ini, Gilang Dirga dan istri akhirnya mengumumkan kepada warganet kalau Adiezty Fersa tengah mengandung anak pertama sudah empat bulan. Keduanya diketahui tak menyerah dan kembali menjalankan program fertilisasi in vitro (IVF) atau bayi tabung. Setelah sebelumnya beberapa kali mengalami kegagalan, tentu saja kabar kehamilan Adiezty Fersa ini pun membuat warganet turut bahagia.

Gilang Dirga dan Adiezty Fersa lantas tak pelit membagikan pengalaman perjuangan untuk mendapatkan buah hatinya tersebut. Melalui konten YouTube pribadi mereka, menurut Gilang dan Adiezty, sebelum menjalankan program bayi tabung ini, penting untuk memastikan tubuh dalam kondisi sehat. Baik kesehatan laki-laki maupun perempuan.

Gilang Dirga dan istri pun mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, salah satunya lewat asupan nutrisi setiap hari. Makanan yang dikonsumsi ini bisa menujang kesehatan serta membantu membersihkan racun pada tubuh.

Berikut tujuh makanan sehat dikonsumsi Gilang Dirga dan istri saat promil, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Jumat (18/2).

1. Cuka apel.

Makanan sehat Gilang Dirga dan istri © berbagai sumber

foto: Pexels/Tijana Drndarski

Setiap pagi Gilang Dirga dan Adiezty Fersa rutin mengonsumsi cuka apel selama program bayi tabung. Dilansir dari parenting.firstcry.com, cuka apel ini bisa membantu meningkatkan kesuburan dan mendukung promil.

2. Clover honey.

Makanan sehat Gilang Dirga dan istri © berbagai sumber

foto: Pexels/solod_sha

Tak hanya cuka apel, Gilang Dirga dan Adiezty Fersa juga biasa mencampurkannya dengan clover honey. Clover honey adalah salah satu produk madu yang juga punya segudang manfaat. Dilansir dari goodto.com, madu mengandung vitamin B, zat besi, kalsium, dan asam amino yang juga bisa meningkatkan kesuburan.

"Kita itu yang jelas konsumsi cuka apel dicampur sama clover honey itu tiap pagi wajib, tiap bangun tidur lebih tepatnya," ucap Adiezty Fersa dilansir dari YouTube RUANG INTEROGASI.

3. Jus detoks.

Makanan sehat Gilang Dirga dan istri © berbagai sumber

foto: Pexels/Pixabay

Gilang Dirga dan Adiezty Fersa rutin mengonsumsi jus detoks. Biar lebih praktis dan sudah terpercaya oleh para ahli, mereka berlangganan katering khusus jus detoks ini. Manfaatnya sudah pasti seperti sebutannya, detoks atau bisa membersihkan racun-racun pada tubuh.

Dilansir dari planyourselfpregnant.com, manfaat mendetoks tubuh saat program bayi tabung juga bisa menurunkan risiko kelainan kromosom pada sel telur dan memperbaiki kualitas sel telur serta sperma.

4. Protein hewani.

Makanan sehat Gilang Dirga dan istri © berbagai sumber

foto: Pexels/Olya Kobruseva

Protein hewani dari makanan utuh juga dikonsumsi oleh Gilang Dirga dan Adiezty Fersa. Dilansir dari ivflondon.co.uk, menambah asupan protein selama program bayi tabung bisa meningkatkan hasil stimulus IVF ini, lho. Direkomendasikan mengonsumsi makanan berprotein sebanyak 60 gram per hari atau sekitar dua dada ayam.

5. Sayuran.

Makanan sehat Gilang Dirga dan istri © berbagai sumber

foto: Pexels/Wendy Wei

Sayuran juga rutin dikonsumsi oleh Gilang Dirga dan istri selama program bayi tabung. Dilansir dari indiraivf.com, sayuran umumnya tinggi antioksidan, asam folat, dan zat besi. Direkomendasikan mengonsumsi banyak sayuran hijau untuk meningkatkan kesuburan saat menjalani program bayi tabung.

6. Buah.

Makanan sehat Gilang Dirga dan istri © berbagai sumber

foto: Pexels/Trang Doan

Buah-buahan juga penting untuk dikonsumsi selama program bayi tabung. Biasanya, Gilang Dirga dan istri mengonsumsi langsung maupun dalam bentuk jus. Dilansir dari indianexpress.com, buah-buahan punya nutrisi penting yang dibutuhkan saat program bayi tabung.

Contohnya nutrisi seperti antioksidan, anti-inflamasi, vitamin C, serat, dan masih banyak lagi. Beberapa buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat program bayi tabung adalah stroberi, kiwi, apel, pepaya, blueberry, dan masih banyak lagi.

7. Makanan dan minuman rendah gula.

Makanan sehat Gilang Dirga dan istri © berbagai sumber

foto: Pexels/Trang Doan

Gilang Dirga dan Adiezty Fersa juga sebisa mungkin mengonsumsi makanan dan minuman rendah gula. Pasalnya, jika terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis, bisa berisiko menggagalkan program bayi tabung.

Dilansir dari zitawestclinic.com, menjaga kadar gula darah normal selama program bayi tabung penting agar bisa meningkatkan potensi keberhasilan program secara alami.

Di sisi lain, agar lebih praktis menjaga makanan yang dikonsumsi, Gilang Dirga dan Adiezty Fersa juga berlangganan katering makanan sehat selama program bayi tabung yang mereka jalani.

"Kita juga ganti menu makanan kita pakai healthy catering (katering sehat)," ujar Adiezty Fersa dikutip dari YouTube RUANG INTEROGASI.