Brilio.net - Seleb senior Venna Melinda sudah terjun ke dunia hiburan sejak era 90-an. Ia juga sempat berkecimpung di dunia politik sebagai anggota DPR. Kehidupan ibu tiga anak ini pun selalu menginspirasi.

Di usianya yang sudah hampir mencapai kepala lima, Venna Melinda masih terlihat begitu awet muda, lho. Selain merawat diri di salon kecantikan misalnya, paras menawan dan bugar tubuhnya juga didukung oleh pola hidup sehat. Mulai dari rutin berolahraga dan menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Melalui YouTube pribadi, wanita 49 tahun ini kerap membagikan potret ketika ia bersepeda, melakukan gerakan work out di rumah, serta memasak menu makanan sehat. Berbicara soal memasak nih, Venna Melinda punya trik tersendiri saat membuat masakan agar tetap sehat dan higienis.

INFOGRAFIS BAHAN MAKANAN YANG DIHINDARI VENNA MELINDA © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS BAHAN MAKANAN YANG DIHINDARI VENNA MELINDA
© 2021 brilio.net/Jayadi Priyanto

Ibu Verrell Bramasta ini punya sejumlah makanan yang tak ia konsumsi demi menunjang kesehatannya. Apa saja itu? Berikut BrilioFood lansir dari berbagai sumber pada Kamis (16/12).

1. Minyak sayur.

Bahan makanan dihindari Venna © berbagai sumber

foto: pexels.com

Rajin memasak sendiri di rumah, Venna Melinda selalu memerhatikan minyak yang ia gunakan. Tak pakai minyak sayur atau minyak kelapa sawit pada umumnya, Venna Melinda lebih memilih menggunakan olive oil.

Olive oil dianggap lebih sehat karena memiliki nutrisi seperti antioksidan serta vitamin E dan K di dalamnya. Dilansir dari healthline.com, semua nutrisi tersebut bisa mencegah inflamasi, menjaga kesehatan jantung dan tulang, serta membuat awet muda.

2. Gorengan.

Bahan makanan dihindari Venna © berbagai sumber

foto: YouTube/@Venna Melinda Channel

Memasak menggunakan olive oil, bukan berarti Venna Melinda mengonsumsi makanan yang digoreng. Ia lebih memilih membuat menu makanan yang ditumis menggunakan sedikit olive oil.

3. Kaldu atau penyedap rasa instan.

Bahan makanan dihindari Venna © berbagai sumber

foto: pexels.com

Venna Melinda juga menghindari kaldu atau penyedap rasa instan. Ia hanya menggunakan bumbu alami seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Sementara garam, ia masih menggunakannya namun dalam jumlah secukupnya.

"Aku nggak suka pakai bumbu penyedap ya, guys. Jadi aku benar-benar hanya mengandalkan bawang merah, bawang putih, garam, lada, sama kecap asin sedikit," ungkap Venna Melinda pada YouTube @Venna Melinda Channel.

4. Nasi putih.

Bahan makanan dihindari Venna © berbagai sumber

foto: pexels.com

Senang makan pakai nasi, Venna Melinda juga memilih bahan yang berkualitas untuk ia konsumsi sehari-hari. Jika dulunya ia masih mengonsumsi nasi putih, kini ia lebih sering makan nasi merah. Manfaat nasi merah banyak sekali untuk kesehatan, lho.

Dilansir dari healthshots.com, nasi merah bisa menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, hingga meningkatkan kesehatan kulit.

5. Daging olahan.

Bahan makanan dihindari Venna © berbagai sumber

foto: pexels.com

Menu lauk sehari-hari, Venna Melinda menyukai daging hewani, lho. Namun, ia lebih memilih daging utuh, bukan produk olahan. Ia pun mengganti menunya setiap hari biar nggak bosan dan nutrisi yang masuk ke tubuh jadi kian beragam.

"Hari ini menu aku ayam, kemarin menu aku daging, besok menu aku ikan, jadi harus berbagai macam protein," ucap Venna Melinda.

6. Camilan yang dijual di pasaran.

Bahan makanan dihindari Venna © berbagai sumber

foto: pexels.com

Produk camilan, kebanyakan mengandung bahan-bahan yang kurang sehat. Misalnya seperti tinggi kandungan gula, garam, penyedap rasa, serta pengawet. Nah, jenis camilan seperti ini dihindari oleh Venna Melinda. Jebolan Puteri Indonesia 1994 ini lebih memilih membuat sendiri menu camilannya.

7. Makanan dan minuman tinggi gula.

Bahan makanan dihindari Venna © berbagai sumber

foto: Instagram/@vennamelindareal

Venna Melinda juga mengurangi penggunaan gula secara berlebih, baik pada makanan maupun minuman. Dilansir dari obgynal.com, mengonsumsi gula secara berlebih bisa menyebabkan kerutan pada kulit. Di sisi lain, gula juga bisa menyebabkan penyakit, seperti obesitas, jantung, dan masih banyak lagi.