Brilio.net - Baru-baru ini Indonesia sedang dibuat heboh oleh menu spesial McD dari hasil kolaborasinya bersama boyband asal Korea Selatan yaitu BTS. Menu dari BTS meal ini terdiri dari ayam nugget, satu gelas minuman bersoda, kentang goreng, saus cajun dan saus sweet chili.

Kolaborasi menu spesial McD dengan BTS ini membuat antrian panjang hampir di seluruh gerai McDonald's yang ada di Indonesia. Bahkan, para ojol mengantri sampai berjam-jam demi mendapatkan menu spesial tersebut.

Buat kamu yang belum kebagian, bisa banget nih bikin nugget ala McD BTS meal sendiri di rumah. Bahan dan langkah pembuatannya cukup mudah lho. Berikut Brilio Food lansir dari berbagai sumber, bahan dan cara membuat chicken nugget ala McDonald's BTS Meal, Kamis (10/6).


1. Siapkan bahan-bahan utama.

nugget btsmeal © berbagai sumber

foto: freepik.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat nugget. Bahan-bahan tersebut meliputi ayam, bumbu, dan tepung. Berikut bahan-bahan untuk membuat nugget ayam.

Bahan:
- 350 gr dada ayam
- 1 sdt bawang putih bubuk
- 1/4 sdt lada putih
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm maizena
- 2 sdm terigu

Bahan tepung basah:
- 3 sdm terigu
- 2 sdm maizena
- 1/2 sdt baking powder
- 1/4 sdt lada putih
- 100 ml air dingin

Adonan encer:
- 1 sdm maizena larutkan dengan air dingin

Tepung kering:
- Tepung terigu secukupnya


2. Buat adonan ayam.

nugget btsmeal © berbagai sumber

foto: freepik.com

Selanjutnya, kamu perlu membuat adonan ayamnya. Caranya, siapkan chopper, lalu masukkan potongan dada ayam, bawang putih bubuk, lada putih, garam, telur, maizena, terigu. Buat adonan tersebut sampai semua bahan halus. Setelah adonan ayam halus, sisihkan terlebih dahulu dan masukkan kulkas.


3. Buat adonan basah.

nugget btsmeal © berbagai sumber

foto: freepik.com

Buat adonan basah, siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, maizena, baking powder, telur, garam, lada putih dan air dingin. Aduk hingga tercampur rata, lalu sisihkan.


4. Buat adonan slury.

nugget btsmeal © berbagai sumber

foto: freepik.com

Untuk adonan slury, campurkan 1 sdm maizena dan jangan lupa menambahkan air dingin secukupnya sampai tepung maizena memiliki tekstur yang cair.


5. Buat nugget.

nugget btsmeal © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sekarang saatnya untuk membuat nugget. Caranya, ambil adonan ayam secukupnya, lalu bentuk bulat pipih. Masukkan ke dalam adonan slury, lalu balurkan ke dalam tepung kering terlebih dahulu, ulangi sampai adonan ayam habis ya. Setelah itu balurkan ke dalam adonan tepung basah.


6. Saatnya goreng nugget.

nugget btsmeal © berbagai sumber

foto: Instagram/@sukajajananpasar

Jika semua adonan sudah selesai, goreng nugget dengan api sedang. Goreng nugget hingga matang atau sampai nugget berwarna kuning kecokelatan ya. Setelah itu angkat dan tiriskan, siap dinikmati bersama saus pilihan kamu.