Brilio.net - Tubuh bisa mengalami berbagai efek samping usai vaksin Covid-19. Namun, bukan berarti vaksin berbahaya untuk dilakukan. Tidak perlu cemas, karena efek samping ini wajar terjadi. Sebab tubuh baru mengenali 'benda asing' masuk. Efek samping ini pun tanda kalau imun tubuh sedang merespons vaksin.

Sejumlah efek samping usai vaksin yang bisa dirasakan oleh tubuh adalah nyeri di tempat bekas suntikan, nyeri sendi, menggigil, mual atau muntah, demam, hingga rasa lelah. Maka, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat tubuh lebih rileks setelah divaksin.

Jika kamu baru saja divaksin, dilansir dari hk.asiatatler.com, konsumsi berbagai bahan makanan dan minuman seperti ikan salmon, ikan sarden, chia seed, kacang-kacangan, buah beri, sayuran hijau, dan minuman herbal seperti jahe dan kunyit. Bahan-bahan tersebut bisa bersifat sebagai anti-inflamasi untuk meredakan efek samping vaksin.

Lantas, ada pula sejumlah minuman yang sebaiknya dihindari saat tubuh merasa lelah usai vaksin. Alih-alih jadi semangat, deretan minuman ini justru bikin imun tambah turun dan semakin terasa lelah.

Apa saja minuman yang perlu kamu hindari supaya nggak tambag lelah? Berikut lima minuman yang perlu dihindari saat tubuh terkena efek samping lelah usai vaksin, dilansir Brilio Food dari berbagai sumber pada Rabu (4/8).

1. Minuman beralkohol.

Hindari 5 minuman ini © Pixabay

foto: pixabay.com

Salah seorang ahli di bidang kesehatan B&Co Clinic, Dr Leong Moh Ying menyarankan untuk jangan mengonsumsi minuman beralkohol dulu usai divaksin. Sebab, alkohol tidak bisa mendukung kerja vaksin di dalam tubuh. Sebaliknya, alkohol justru menyebabkan dehidrasi dan menurunkan imun tubuh.

Nah, jika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan semakin merasa lemas, lelah, sistem motorik tubuh terganggu, dan masih banyak lagi. Jadi sebaiknya hindari minum alkohol setelah divaksin, ya.

2. Minuman berkafein.

Hindari 5 minuman ini © Pixabay

foto: pixabay.com

Minuman berkafein seperti kopi seringkali dianggap bisa membuat mata melek dan tubuh lebih bertenaga. Hal ini memang benar, tetapi hanya dalam jangka waktu singkat. Sebenarnya kafein nggak benar-benar menambah energi pada tubuh, lho.

Dilansir dari healthline.com, kalau memang ingin meminum kopi, sebaiknya mengimbanginya dengan makanan dan camilan yang bernutrisi biar tubuh tak lagi merasa lelah.

3. Soda.

Hindari 5 minuman ini © Pixabay

foto: pixabay.com

Soda mengandung gula rafinasi, bahan fermentasi, dan sudah mengalami proses panjang saat diolah di pabrik industri. Jenis gula ini tidak memberi manfaat untuk kesehatan dan tidak bisa memberi tambahan energi, malah bisa membuat tubuh lemas.

Makanya, saat mengalami efek samping merasa lelah setelah divaksin, sebaiknya jangan meminum soda biar tubuh nggak tambah lelah dan lemas.

4. Minuman berenergi.

Hindari 5 minuman ini © Pixabay

foto: pixabay.com

Sama seperti soda, minuman berenergi biasanya juga mengandung gula rafinasi. Jadi, sebaiknya hindari jenis minuman ini usai vaksin. Apalagi jika kamu mendapatkan efek samping seperti rasa lelah.

5. Minuman kemasan tinggi gula.

Hindari 5 minuman ini © Pixabay

foto: pixabay.com

Minuman kemasan seperti berbagai teh, jus, dan susu yang sudah diberi pemanis tambahan mengandung banyak gula. Nah, minuman yang tinggi gula ini bisa menyebabkan dehidrasi. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, dehidrasi justru bisa menyebabkan tubuh tambah merasa lelah.