Brilio.net - Kopi menjadi salah satu minuman yang begitu digemari di dunia, bahkan untuk sebagian orang minum kopi sudah dijadikan kebutuhan tiap hari. Jika kamu salah satu penikmat kopi, kamu harus mencoba untuk membuat kopi hijau.

Kopi hijau atau green coffee mengarah pada kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang belum di panggang. Penamaan biji kopi sudah terjadi sejak 1100 M di kawasan Arab di Laut Merah. Pada masa itu, pemanggangan belum diterapkan sehingga biji kopi langsung diseduh untuk menciptakan minuman yang mirip teh. Biji hijau masih dipakai dalam berbagai bentuk kopi Arab tradisional.

Diduga, asam klorogenat yang dimiliki kopi hijau ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Kopi hijau menjadi populer untuk menurunkan berat badan. Ada juga yang mengonsumsi green coffee ini untuk mengobati obesitas, diabetes, hipertensi, dan infeksi bakteri. Dosis maksimal minum kopi hijau adalah 480 mg per hari, dengan catatan jagan mengonsumsi kopi hijau lebih dari 12 minggu.

Apabila kamu mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak maka dosis maksimalnya sebanyak 200 mg untuk 5 kali sehari selama 12 minggu. Kamu bisa menambahkan madu, lemon, jeruk nipis, jahe, kayu manis, dan susu untuk menambah kenikmatan kopi.

Nah, berikut cara membuat kopi hijau serta manfaatnya bagi tubuh, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (23/10).

kopi hijau istimewa

1. Cara membuat kopi hijau secara tradisional

- Tahap pertama kamu dapat menyiapkan biji kopi hijau yang masih mentah dan kering.
- Kemudian cuci hingga bersih biji kopi hijau, hati-hati saat sedang mencucinya jangan terlalu keras, agar bagian luar kopi tidak terkikis.
- Setelah itu, rebus biji kopi dengan takaran 1:3 atau 1 gelas kopi hijau dengan 3 gelas air.
- Rebus kopi hijau hingga mendidih.
- Jika sudah mendidih, kecilkan api sambil diaduk. Tunggu hingga 12 menit.
- Setelah itu, saring air dari kopi hijau. Kamu dapat menambahkan madu agar rasanya pun semakin nikmat.
- Kopi hijau siap untuk dinikmati.

2. Cara membuat kopi hijau dengan teknik Drip Method

Teknik ini adalah cara membuat kopi hijau populer yang banyak dilakukan masyarakat karena tergolong simpel dan efesien.
- Pertama, kopi hijau bubuk diletakkan pada kertas saring yang terdapat di atas corong kopi.
- Kemudian tuang air panas di atas kopi.
- Lalu rendam menggunakan air panas dengan memanaskan bejana tersebut.
- Kopi hijau pun siap disajikan.

3. Cara membuat kopi hijau dengan teknik French Press

Metode French press sering dijumpai di kedai-kedai kopi. French press bisa mengekstrak beraneka cita rasa yang terdapat pada kopi bubuk.
- Tuangkan kopi hijau bubuk secukupnya ke dalam French press.
- Masukkan air panas yang sebelumnya sudah ditiriskan selama 1 menit di dalam French press.
- Pastikan kamu memasukan air panas ke dalam French press dengan posisi yang lebih tinggi dari French press. Hal ini dapat menghasilkan gelembung air yang akan menciptakan aroma kopi jadi lebih nikmat.
- Kemudian aduk secara merata, makin lama di aduk akan menciptakan aroma serta rasa kopi yang lebih menyatu.
- Proses terakhir ialah dengan mempres kopi menggunakan tutup French press secara perlahan.
- Masukan campuran kopi ke dalam cangkir, kopi pun siap dihidangkan.

4. Cara membuat kopi hijau dengan teknik Turkish coffee

Cara Turkish coffee dikenal juga dengan sebutan Arab method. Sebenarnya metode ini merupakan awal mula cara membuat kopi hijau untuk pertama kalinya.
- Pertama-tama, gilling kopi secara manual dengan menggunakan lesung atau mesin penggiling kopi hingga menjadi bubuk.
- Kemudian, letakkan bubuk kopi di bejana dengan campuran gula dan air.
- Aduk racikan ini dan diamkan hingga 3 kali.
- Kopi hijau pun siap untuk disajikan.

kopi hijau istimewa

Berikut manfaat kopi hijau bagi tubuh:

Kopi hijau atau green coffee merupakan minuman sehat yang paling banyak dikonsumsi masyarakat di dunia karena mengandung senyawa yang tidak dimiliki kopi jenis lain.

- Senyawa epigallocatechin gallate, senyawa ini mampu melindungi jaringan bagian dalam tubuh melawan radikal bebas dan mendukung pembakaran lemak berlebih di dalam tubuh.

- Senyawa polifenol, senyawa ini terdiri dari zat katekiin, zat epikatekingalat, zat galokatekin yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker, jantung dan lain-lain.

- Vitamin yang terkadung dalam kopi hijau adalah vitamin B, yang di dukung dengan vitamin C dan vitamin E, di mana ketiga vitamin itu sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam, menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan saraf serta pembulu darah.

- Selain itu, ada juga zat-zat yang mendukung untuk membakar lemak lebih cepat terdiri dari polisakarida, asam amino, dan kafein serta zat taenine.

reporter: mgg/gusti ridani