Brilio.net - Memiliki kulit yang sehat, lembap dan bercahaya merupakan idaman bagi setiap orang. Namun terkadang banyak faktor yang menyebabkan kulit mengalami gangguan sehingga kondisi kulit menjadi tidak seimbang dan optimal. 

Faktor internal seperti gaya hidup yang tidak sehat, ditambah faktor eksternal seperti paparan polusi, sinar mataharii, pendingin udara (AC), serta radikal bebas dapat menyebabkan kulit mudah stress.

Terlebih lagi pada saat Ramadan di mana kita menjalani puasa selama lebih dari 12 jam setiap hari, membuat asupan nutrisi dan cairan bagi tubuh berkurang yang berimbas pada kondisi kulit. Kulit menjadi lebih rentan mengalami dehidrasi, kering dan kusam.

Berikut tiga cara merawat kulit saat berpuasa agar tetap terhidrasi secara optimal.

1. Konsumsi air sesuai kebutuhan tubuh

3 Cara merawat kulit saat puasa © 2021 brilio.net expatwoman.com 

Untuk  memiliki kulit sehat dan cerah bercahaya, khususnya saat berpuasa bisa didapatkan dengan berbagai cara, beberapa diantaranya adalah dengan banyak mengkonsumi air sesuai kebutuhan tubuh saat berbuka. Lalu rutin membersihkan wajah dari makeup, debu dan polusi. Karena membersihkan wajah merupakan langkah awal dalam merawat kulit.

Kemudian dilanjutkan dengan penggunaan produk yang dapat memberikan hidrasi bagi kulit dan menjaga kelembapan alami kulit, serta memiliki ingredients yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang biasanya membuat kulit menjadi kusam.

2. Perawatan kulit untuk daerah tropis 

3 Cara merawat kulit saat puasa © 2021 brilio.net arabiaweddings.com 

Mengingat kita tinggal di daerah tropis dengan cuaca yang cenderung panas, sebaiknya gunakan produk perawatan kulit bertekstur ringan agar kulit dapat leluasa bernapas terutama mengingat protokol kesehatan di mana kita diwajibkan menggunakan masker selama beaktivitias di luar rumah. Perawatan kulit yang water-based dan bertekstur ringan dapat membantu untuk mengindari kulit dari kemungkinan breakouts. 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Handrianto Tjio, Sp.KK, FINSDV menyarankan untuk menjaga kulit tetap dalam performa terbaiknya. Hal yang paling penting untuk dijaga adalah kondisi skin barrier, pertahanan awal dari faktor pengaruh buruk eksternal yang masuk ke dalam sistem tubuh.

“Untuk itu, kelembaban kulit perlu dipertahankan dengan penggunaan skincare yang melembapkan dan mengandung bahan aktif yang menyerupai komposisi alami kulit. Bahan aktif yang menyerupai komposisi alami kulit, akan memudahkan ingredients tersebut untuk diterima dan diserap kulit, sehingga fungsi skincare dapat terserap dan bekerja secapa optimal,” katanya.  

3. Gunakan produk yang menghidrasi kulit

3 Cara merawat kulit saat puasa © 2021 brilio.net Bioderma 

Kulit yang sehat menginspirasi Bioderma menemukan solusi cara menghidrasi kulit serta menyeimbangkan kuantitas dan kualitas sebum dengan menjaga performa terbaik kulit. Karena itu dalam kampanye “Boost Your Glow” yang diluncurkan jelang Ramadhan, Bioderma kembali memperkenalkan rangkaian Boosting Toners series Hydrabio dan Sebium yang pernah diluncurkan sebelumnya.

Terdapat dua jenis Boosting Toners, yakni Hydrabio Essence Lotion sebagai Hydrating Boosting Toner untuk kulit dehidrasi cenderung kering, dan Sebium Lotion sebagai Rebalancing Boosting Toner untuk kulit kombinasi cenderung berminyak.

Kedua Boosting Toners tersebut berfungsi untuk meningkatkan hidrasi dan cahaya alami kulit untuk hasil yang lebih tahan lama. Hydrabio Essence Lotion yang dilengkapi Aquagenium Patent merupakan toner dengan tekstur yang menyerupai air dan memberikan sensasi segar pada kulit, serta berfungsi untuk memicu tingkat kelembaban kulit dan membantu mencerahkan kulit secara alami.

Sedangkan Sebium Lotion merupakan toner yang mengandung Glycerin sehingga dapat menjaga kelembaban kulit kombinasi cenderung berminyak hingga 8 jam. Sebium Lotion berfungsi dalam menyeimbangkan pH kulit, meregulasi produksi sebum, serta menyamarkan pori dan mencegah timbulnya jerawat. Dengan tekstur cair, segar, dan tidak lengket, Sebium Lotion dapat membantu mempersiapkan kulit dalam menerima produk perawatan selanjutnya dan memaksimalkan hasilnya.