Brilio.net - Ada satu penyebab utama yang mempercepat proses penuaan kulit, yaitu faktor umur. Seiring bertambahnya usia seseorang, penuaan pada kulit akan mulai tampak jelas. Namun banyak orang yang sudah memiliki umur tua, tidak ingin tampak tua. Bahkan mereka ingin menunda penuaan dini untuk tujuan mereka masing-masing.

Selain dua faktor tersebut, ada beberapa orang yang mengalami proses penuaan dini lebih awal. Mereka mengalami penuaan di usia yang masih tergolong muda. Tanda-tandanya seperti kerutan di sekitar mata, muncul bintik hitam di area wajah, bahkan rambut yang sekiranya masih hitam sudah tumbuh uban atau rambut putih.

Dilansir dari lneonline, penuaan dini dapat dicegah dan diobati dengan perawatan kulit secara profesional. Penuaan dini disebabkan karena berbagai faktor, seperti keturunan, produk kecantikan, terlalu sering terpapar sinar matahari. Selain ketiga faktor tersebut, masih ada satu faktor yang sering luput dan tidak disadari banyak orang, yakni faktor makanan yang kurang sehat.

Bagaimana pun juga makanan adalah hal utama yang diperlukan tubuh setiap hari. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk penuaan dini.

Nah, kira-kira makanan apa saja yang dapat mempercepat proses penuaan dini? Berikut 10 makanan tersebut, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (21/3).


1. Kentang goreng.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels


Kentang goreng adalah menu andalan dan favorit banyak orang. Kentang goreng biasanya dimasak dalam minyak pada suhu tinggi, sehingga bisa melepaskan radikal bebas saat dimakan.

Radikal bebas tersebut dapat menyebabkan kerusakan sel pada kulit. Paparan radikal bebas mempercepat proses penuaan karena adanya cross-linking, yaitu tautan silang yang dapat memengaruhi molekul DNA dan dapat melemahkan elastisitas kulit.


2. Garam.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels


Garam adalah bumbu andalan ketika memasak. Banyak menu makanan yang terasa lezat karena diberi garam. Namun terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan kulit mengeluarkan air, sehingga menyebabkan dehidrasi. Hal itu membuat kulitmu lebih rentan terhadap kerutan.


3. Roti putih.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels


Roti putih di sini bisa berarti roti tawar berwarna putih. Roti ini adalah karbohidrat olahan yang bisa berintegrasi dengan protein. Makanan yang memiliki indeks glikemik (kadar gula) tinggi, seperti roti putih ini, dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang secara langsung terkait dengan proses penuaan.


4. Gula.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels


Gula adalah salah satu penyebab terkenal masalah kulit yang tidak diinginkan seperti jerawat. Selain masalah jerawat, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat merusak kolagen. Ketika kadar gula di dalam tubuh meningkat, proses penuaan dini akan lebih cepat terjadi.


5. Margarin.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels


Dilansir dari healthline, margarin banyak mengandung minyak terhidrogenasi parsial atau asam lemak trans. Asam lemak trans ini dapat membuat kulit lebih rentan terhadap radiasi ultraviolet, yang dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit.


6. Olahan daging.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels


Olahan daging yang dapat berbahaya bagi kulitmu di antaranya adalah hot dog, pepperoni, bacon, dan sosis. Daging olahan ini kaya akan natrium, lemak jenuh, dan sulfit, yang semuanya dapat mengeringkan kulit dan melemahkan kolagen dengan menyebabkan peradangan.


7. Makanan penuh dengan minyak.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pixabay


Makanan penuh dengan minyak seperti gorengan bisa menyebabkan munculnya penuaan dini. Pasalnya makanan tersebut mengandung minyak tak jenuh ganda tinggi asam lemak omega-6. Kandungan itu dapat menyebabkan radikal bebas berbahaya dan dapat meningkatkan tingkat peradangan pada kulit.


8. Kue beras.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels


Sementara kue beras biasanya disebut-sebut sebagai camilan yang baik, namun tidak untuk kulit. Kue beras memiliki indeks glikemik (gula) yang tinggi dan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah bertindak sebagai 'akselerator penuaan' yang dapat menyebabkan keriput.


9. Gandum.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pexels


Gandum adalah gabungan dari protein glutenin dan gliadin, yang terbukti dapat menyebabkan permeabilitas usus atau 'usus bocor'. Usus yang bocor memicu respons imun dan merupakan penyebab signifikan peradangan kronis, terutama pada bagian kulit. Sehingga hal ini dapat menyebabkan proses penuaan dini muncul.


10. Makanan yang dibakar atau hangus.

makanan penuaan dini pixabay

foto: pixabay


Penuaan dini tidak hanya muncul karena gula. Melainkan juga karena mengonsumsi makanan yang dibakar dan hangus, misalnya sate. Alangkah baiknya kamu tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang dibakar. Kamu bisa memilih mulai mengonsumsi makanan yang direbus.