Brilio.net - Setelah percakapan Presiden Jokowi Widodo dengan santri asal Pekalongan yang menjadi viral beberapa waktu lalu, kini ada yang terbaru lagi. Percakapan lucu tersebut terjadi saat sang presiden berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk meresmikan pelabuhan perikanan Untia, Sabtu (26/11).

Sebagaimana dikutip brilio.net dari setkab.go.id, dalam acara tersebut Jokowi mengajak nelayan untuk berdialog. Saat presiden memberikan pertanyaan tentang nama ikan kepada salah satu nelayan, sang nelayan menyebutkan nama ikan yang begitu asing di telinga Jokowi.

Lantaran masih asing dengan nama ikan itu, Jokowi pun mempertanyakannya. "Apa itu ikan tawasan?" tanya Jokowi.

Belum selesai di situ, sang nelayan kembali menyebut nama ikan yang terdengar aneh bagi Jokowi, yakni ikan kerong-kerong. "Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) tahu ndak apa itu ikan kerong-kerong? Sudah daripada pusing ini," kata Presiden sambil memberikan hadiah.

Sebelumnya, kejadian serupa juga dialami Jokowi saat kunjungan ke Miangas, Sulawesi Utara. Saat itu Jokowi yang mengundang nelayan yang bernama Petrus Mambo, memberikan pertanyaan 10 nama ikan kepada Petrus. Ternyata jawaban dari Petrus bikin Jokowi bingung karena masih asing dengan nama ikan yang dimaksud.

Nah, apa saja nama-nama ikan yang disebutkan di dua lokasi itu, sehingga bikin presiden pusing? Berikut ulasannya.

1. Ikan sunu.

ikan jokowi Istimewa

foto: istimewa

Ini merupakan jenis ikan kerapu. Ikan ini tergolong ikan dengan harga cukup mahal dan kualitas ekspor.

2. Ikan bete-bete.

ikan jokowi Istimewa

foto: mmgkaltim.blogspot.co.id

Ikan bete-bete ini memiliki ciri bentuk badan pipih dan lebar dengan sisik kecil-kecil warna putih. Ikan ini biasanya berada di kedalaman 1-40 meter dengan ukuran panjang bisa mencapai 40 cm.

3. Ikan tuing tuing.

ikan jokowi Istimewa

foto: iftfishing.com

Bagi banyak orang, ikan ini lebih dikenal dengan ikan terbang. Ikan ini memiliki sirip dada yang besar. Dikenal ikan terbang karena ikan ini bisa meluncur terbang secara singkat di udara untuk menghindari pemangsa.

4. Ikan liyaran.

ikan jokowi Istimewa

foto: istimewa

Ini adalah sebutan untuk ikan marlin. Ikan ini memiliki ciri moncong yang lancip dan panjang. Ikan marlin bisa tumbuh hingga 5 meter.

5. Ikan tawasan.

ikan jokowi Istimewa

foto: aan-traveller.blogspot.co.id

Beberapa ada yang menyebutnya tawassang. Tapi, ikan ini lebih familiar dengan sebutan ikan kudu kudu.

6. Ikan kerong-kerong.

ikan jokowi Istimewa

foto: 4ndysw4n.wordpress.com

Ikan ini juga dikenal dengan nama ikan jambrong atau ikan terapon. Ikan ini memiliki pola warna belang-belang.

7. Ikan indosiar

ikan jokowi Istimewa

foto: lainspirationtravel.blogspot.co.id

Penyebutan nama ikan ini disampaikan seorang nelayan di Miangas. Ikan yang dimaksud ini sama dengan ikan terbang, dimana nelayan di Makassar menyebutnya dengan nama ikan tuing tuing.

8. Ikan lolosi.

ikan jokowi Istimewa

foto: istimewa

Ikan ini memiliki bentuk tubuh pipih memanjang dengan sisik-sisik kecil berduri. Ada dua jenis ikan lolosi yang dikenal, kuning dan merah. Ikan ini memiliki gigi kecil-kecil dan tajam.

9. Ikan kakatua.

ikan jokowi Istimewa

foto: istimewa

Ikan ini memiliki warna yang indah dan biasa hidup di terumbu karang.

10. Ikan malalugis.

ikan jokowi Istimewa

foto: investasikp.co.id

Ada banyak penyebutan untuk ikan ini, tapi salah satu yang cukup populer adalah ikan layang. Ikan ini berukuran kecil, bisa dipasarkan dalam kondisi segar, ikan pindang, maupun ikan asin.

11. Ikan sori.

ikan jokowi Istimewa

foto: mancingmania.com

Ini adalah nama lain dari ikan marlin (di Miangas disebut ikan liaran).