Brilio.net - Satu dari tiga ekor badak Sumatera terakhir di Malaysia bernama Puntung dalam kondisi mengenaskan. Rahangnya mengalami luka parah dan mengeluarkan nanah.

Menurut Pengarah Hidupan Liar Sabah, Augustine Tuuga, ketika diperiksa luka Puntung sangat mengkhawatirkan. Sebab, ada potensi luka tersebut infeksinya menyebar.

badak miris istimewa

"Kami juga cemas kemungkinan terinfeksi kuman dalam darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Sabah adalah satu-satunya di Malaysia yang hidup badak Sumatera. Sisanya ada di Indonesia," katanya dikutip dari Berita Harian, Jumat (7/4).

Dia mengatakan, Puntung yang ditangkap pada 2011 lalu saat dipelihara masih dalam kondisi produktif dan berpotensi bertambah populasinya.

Loading...

badak miris istimewa

Sementara, Pengarah Eksekutif Borneo Rhino Alliance, Datuk John Payne, berkata badak Sumatera mempunyai umur maksimal kira-kira 35 tahun. Usia Puntung sekarang diperkirakan sekitar 25 tahun.

"Dokter hewan kami yaitu dr Zainal Zahari Zainuddin telah menjaga Puntung sejak ditangkap dan kini melakukan apa yang terbaik untuk menyelamatkan Puntung," tambahnya.

Duh, kasihan banget kondisinya ya?