Brilio.net - Masterpiece adalah sebuah kata bahasa Inggris yang berarti karya agung atau pencapaian besar. Karya agung dan pencapaian besar tersebut mengacu pada seseorang yang mencapainya selama atau bahkan bisa dikatakan sepanjang hidupnya. Biasanya yang menginspirasi seseorang untuk membuat masterpiece adalah kisah seseorang atau pemandangan indah nan unik yang menggugah sehingga dibuatlah karya seni luar biasa tersebut.

Tak hanya itu, terkadang suatu inspirasi juga datang dari suatu pengalaman si seniman tersebut. Lalu apa jadinya kalau karya seni tersebut terinspirasi dari hewan?

Seperti hewan-hewan di bawah ini yang rupanya menginspirasi lahirnya karya seni masterpiece, yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (2/12). Check this out!

1. Harimau.

hewan inspirasi seni Istimewa

foto: indonesia-tourism.com

Harimau adalah salah satu hewan yang menjadi inspirasi dari kesenian tradisional reog. Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur, khususnya Ponorogo yang kemudian dianggap sebagai kota asal reog. Dalam pertunjukan reog ditampilkan topeng berbentuk kepala harimau yang dikenal sebagai "Singa barong", raja hutan, yang menjadi simbol untuk Kertabhumi, yang hidup di masa kerajaan Majapahit. Dan di atas kepala harimau tersebut ditancapkan bulu-bulu merak hingga menyerupai kipas raksasa.

2. Burung Merak.

hewan inspirasi seni Istimewa

foto: pinterest.com

Selain digunakan di tari reog, burung merak juga merupakan salah satu hewan yang menginspirasi lahirnya Tari Merak. Tari Merak merupakan salah satu ragam tarian kreasi baru yang mengekspresikan kehidupan binatang, yaitu burung merak. Tata cara dan geraknya diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri.

Kehidupan merak yang selalu mengembangkan bulu ekornya agar menarik burung merak wanita menginspirasikan R Tjetje Somantri untuk membuat Tari Merak ini. Dalam pertunjukannya, terlihat dari pakaian yang dipakai penarinya memiliki motif seperti bulu merak. Tarian ini biasanya ditarikan berbarengan, biasanya tiga penari atau bisa juga lebih yang masing-masing memiliki fungsi sebagai wanita dan laki-lakinya. Iringan lagu gendingnya yaitu lagu Macan Ucul.

3. Ular naga.

hewan inspirasi seni Istimewa

foto: thestorypedia.com

Naga adalah hewan yang menginspirasi Tari Naga. Tari Naga atau disebut juga Liang Liong di Indonesia adalah suatu pertunjukan dan tarian tradisional dalam kebudayaan masyarakat Tionghoa. Seperti juga Tari Singa atau Barongsai, tarian ini sering tampil pada waktu perayaan-perayaan tertentu. Dalam tarian ini, satu regu orang Tionghoa memainkan naga-nagaan yang diusung dengan tongkat. Penari terdepan mengangkat, menganggukkan, menyorongkan dan mengibas-kibaskan kepala naga-nagaan tersebut yang merupakan bagian dari gerakan tarian yang diarahkan oleh salah seorang penari.

4. Kuda.

hewan inspirasi seni Istimewa

foto: topindonesiaholidays.com

Tentunya kamu sepakat kalau kuda adalah hewan yang menginspirasi Tari Kuda Lumping. Kuda lumping adalah seni tari yang dimainkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari anyaman bambu atau bahan lainnya dengan dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau sejenisnya yang di gelung atau di kepang, sehingga pada masyarakat jawa sering disebut sebagai jaran kepang.

5. Hewan padang pasir.

hewan inspirasi seni Istimewa

foto: Instagram #ideactive

Nggak cuma hewan-hewan di atas lho, yang bisa menginspirasi seniman untuk membuat suatu karya seni. Hewan padang pasir pun bisa. Dan kamu bisa banget ikutan menjadi seniman tersebut yang terinspirasi dari hewan padang pasir untuk membuat suatu karya seni masterpiece dan dipamerkan.

Pameran seni yang nantinya menjadi tempat untuk memamerkan karyamu ada di sekitar kamu, lho. Caranya, kamu bisa ikutan ideaCtive yang merupakan tempat para pegiat seni berkumpul. Sejumlah kegiatan ada di ideaCtive ini seperti art workshop yang mewadahi semua orang untuk mengekspresikan ide, inspirasi, dan cerita masing-masing ke dalam ratusan ikon hewan padang pasir. Menarik, kan? Yuk, langsung cek di sini.

Kamu juga bisa ikutan Snapcam, yaitu mencari artwork patung hewan padang pasir di seputaran Jakarta, dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya barcode dari patung-patung tersebut. Kamu juga bisa berkesempatan jalan-jalan ke London, Jepang, Bali, Berlin, dan berkesempatan mendapatkan hadiah menarik lainnya seperti vespa, dan lain sebagainya.