Brilio.net - Hewan kini banyak yang berkegiatan selayaknya manusia. Mulai dari berpakaian trendy, tinggal di rumah yang sama dengan manusia hingga olahraga juga. Di beberapa tempat bahkan diadakan lomba lari khusus binatang.

Sebenarnya keterlibatan binatang dalam perlombaan layaknya manusia sudah terjadi sejak zaman kuno. Para arkeolog bahkan menemukan bukti bahwa pada tahun 664 sebelum Masehi ada lomba lari kuda yang diadakan dalam event Greek Olympic Games.

Kini hewan yang terlibat lomba lari pun bermacam-macam. Bahkan siput yang berjalan lambat pun ikut lomba lari. Nah berikut aksi lomba lari binatang yang dilansir brilio.net dari litverse.com, Kamis (28/12).


1. Lomba lari anjing Greyhound.

lomba lari hewan © litverse.com

Anjing ini merupakan jenis pelari yang handal. Anjing jenis ini kerap digunakan untuk memburu rusa dan serigala. Lomba lari anjing ini diselenggarakan sejak tahun 1500 yang diinisiasi oleh Ratu Elizabeth I dari Inggris.


2. Lomba lari anjing Dachsund.

lomba lari hewan © litverse.com

Lomba lari anjing Dachsund dimulai sejak tahun 1970. Awalnya lomba lari anjing ini ditayangkan dalam acara olahraga komedi pada sebuah stasiun TV di Australia. Kini di California lomba lari anjing Dachsund menjadi acara festival tahunan yang diselenggarakan setiap Desember.


3. Lomba lari siput.

lomba lari hewan © litverse.com

Lomba lari siput yang sempat menjadi adegan animasi anak-anak Spongebob ternyata benar-benar ada lho. Di Inggris lomba lari siput diselenggarakan setiap bulan Juli. Lomba lari ini sudah terlaksana selama 25 tahun lamanya.

Peraturan mainnya mudah. Siput tersebut diletakkan diatas meja. Ada lingkaran di tengah meja. Pemenang lomba lari ini ialah siput yang paling cepat mencapai lingkaran di tengah meja. Rekor tercepat lomba lari siput ialah seekor siput bernama Archie yang berhasli menggapai lingkaran di tengah meja selama 2 menit.


4. Lomba lari unta.

lomba lari hewan © litverse.com

Di Arab lomba lari unta menjadi event nasional. Bahkan sejak tahun 1970 sudah ada regulasi khusus yang mengatur lomba lari khusus unta. Selain di Arab, lomba lari unta juga sering diselenggarakan di India dan Mesir.


5. Lomba lari kecoa.

lomba lari hewan © litverse.com

Perlombaan ini sudah ada sejak tahun 1986. Saat itu ada dua orang pria tua yang berdebat tentang lomba lari kecoa di hotel Story Bridge, Brisbane, Australia. Perdebatan itu merupakan awal terkenalnya lomba khusus kecoa yang kini menjadi event tahunan di hotel tersebut. Kini lomba tersebut lebih dikenal sebagai The Australia Day Cockroach Races.


6. Lomba balap hamster.

lomba lari hewan © litverse.com

Sekilas lomba balap ini mirip lomba balap mobil tamiya biasa. Setelah diamati di dalam mobil maian kecil tersebut ada hamster sebagai energi penggerak. Lomba balap hamster sudah dilaksanakan di Inggris sejak tahun 2001.


7. Lomba lari kura-kura.

lomba lari hewan © litverse.com

Lomba lari kura-kura sudah ada sejak tahun 1902. Lomba ini bermula dari keisengan bocah di Chicago yang mengadu kura-kura untuk balap lari. Tak sengaja ada wartawan yang melihat dan menulis kejadian tersebut sebagai lomba lari teraneh sepanjang masa. Lomba ini tetap berlangsung hingga kini. Namun ada beberapa organisasi pelindung binatang seperti PETA yang menentang perlombaan ini.


8. Lomba lari domba.

lomba lari hewan © litverse.com

Australia memiliki peternakan domba yang cukup banyak. Di sana juga ada lomba balap domba yang sudah berlangsung 19 tahun lamanya. Lomba ini menjadi acara tahunan di New South Wales yang diselenggarakan setiap bulan Oktober.


9. Lomba lari burung unta.

lomba lari hewan © litverse.com

Burung unta ialah burung tecepat di daratan. Burung ini juga sangat kuat. Di Amerika Serikat, ada lomba lari burung unta. Burung ini ditunggangi oleh manusia seperti menunggang kuda. Balap lari burung unta sudah diselenggarakan sejak tahun 1892. Kini lomba lari burung unta menjadi acara tahunan yang dinamai Ostrich Festival.


10. Lomba lari kambing.

lomba lari hewan © litverse.com

Di Kepulauan Karibia, lomba lari kambing menjadi acara yang cukup umum sejak tahun 1925. Dulu lomba ini diselenggarkan setiap Senin Paskah, dan kini masih diselenggarakan setiap Rabu Paskah. Lomba lari kambing ini kini lebih dikenal sebagai Buccoo Goat Race.