Brilio.net - Banyak sekali jenis serangga di dunia ini. Bentuknya bisa bermacam, tergantung bagaimana tubuhnya beradaptasi dengan lingkungan tempat ia tinggal.

Beberapa jenis serangga ada yang sangat aneh. baik dari bentuk hingga kebiasaannya. Mari kita simak beberapa jenis serangga aneh dilansir birlio.net dari litverse.com, Jumat (26/1).


1. Isopoda raksasa.

serangga uwaneh © litverse.com

Isopoda raksasa ialah jenis serangga yang hidup di laut. Mereka biasanya memakan bangkai-bangkai. Isopoda raksasa bentuknya cukup mengerikan. Struktur mukanya, dari mata hingga mulut mengingatkan kita dengan tokoh alien atau predator. Isopoda raksasa biasa hidup di dasar lautan Pasifik, Atlantik dan laut India.

2. Ngengat kolibri.

serangga uwaneh © litverse.com

Ngengat ini sangat suka mengisap sari bunga. Dinamakan ngengat kolibri karena bentuknya sama persis dengan burung kolibri. Serangga ini biasa ditemukan di Prancis, Spanyol dan China.

3. Belalang bunga.

serangga uwaneh © litverse.com

Belalang ini hidup di antara bunga-bunga. Maka dari itu ia harus bisa berkamuflase di antara bunga-bunga untuk mengelabui mangsanya. Lihat saja, di bagian punggungnya ada semacam sayap dengan berbagai warna dan pola. Unik banget ya.

4. Kumbang raksasa.

serangga uwaneh © litverse.com

Biasanya kumbang hanya seukuran ibu jari orang dewasa. Namun kumbang raksasa besarnya seukuran dengan telapak tangan lho. Panjangnya kira-kira 17 cm. Kumbang ini hidup di hutan tropis negara Venezuela dan Brasil.

5. Kutu air.

serangga uwaneh © litverse.com

Kutu air memiliki bentuk yang cukup aneh. Di punggungnya tersimpan puluhan telur. Jika menggigit, kutu air ini bakal meninggalkan rasa sakit yang parah.

6. Kumbang jerapah.

serangga uwaneh © litverse.com

Tidak hanya jerapah, kumbang pun ada juga yang memiliki leher panjang. Sebagai contoh kumbang jerapah, lehernya sangat panjang dan bisa memanjang lagi jika ada ancaman musuh. Kumbang ini hanya ada di kepulauan Madagascar.

7. Semut madu.

serangga uwaneh © litverse.com

Tak seperti kebanyakan semut, hewan yang satu ini memiliki bentuk aneh. bagian perutnya tampak kantong besar dan transparan. Kantong tersebut berfungsi untuk menyimpan madu.

8. Kutu assasin.

serangga uwaneh © litverse.com

Kutu yang satu ini memiliki liur beracun. Bentuknya aneh, yakni seluruh tubuhnya diselimuti bulu tipis. Kutu ini suka membawa tubuh serangga yang sudah mati.

9. Tonggerat berduri.

serangga uwaneh © litverse.com

Tonggaret ini memiliki duri di sekujur tubuhnya. Biasanya ditemukan di hujan tropis Queensland dan Wales. Tongaret ini berwarna hijau. Jika ada ancaman musuh, maka tonggaret ini akan berkamuflase di tempat hijau.

10. Wereng pohon Brazil.

serangga uwaneh © litverse.com

Wereng ini dapat dijumpai hampir di setiap tempat kecuali Antartika. Apa yang membuat wereng Brazil unik? Yap, kepalanya sangat tidak lumrah.