12 Manfaat alpukat untuk wajah dan cara mengaplikasikan

12 Manfaat alpukat untuk wajah dan cara mengaplikasikan

Brilio.net - Ada banyak manfaat alpukat untuk wajah. Alpukat merupakan buah tropis atau subtropis yang berasal dari Meksiko dan Amerika Serikat. Buah dengan nama lain Persea americana ini hidup sebagai tanaman perkebunan monokultur dan tanaman pekarangan tropikal di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Alpukat memiliki tekstur yang unik dan rasa yang lezat. Biasanya alpukat dinikmati sebagai selai untuk roti, namun tak sedikit juga orang yang mengonsumsi alpukat dijadikan sebagai jus dan topping untuk sushi. Selain memiliki rasa yang lezat, alpukat juga kaya akan vitamin, lemak dan mineral yang bagus untuk kesehatan.

Dalam alpukat terkandung vitamin C dan E yang memiliki peran penting untuk meningkatkan kesehatan dan vitalitas. Namun ternyata, alpukat tak hanya bagus untuk kesehatan tapi juga kecantikan lho.

Banyak manfaat alpukat untuk wajah yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Berikut ulasan manfaat alpukat untuk wajah seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (25/2).

1. Menenangkan kulit.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/lifeforstock

Manfaat alpukat untuk wajah yang pertama adalah mampu menenangkan kulit. Chief Scientific Officer di LaFlore Probiotic Skincare, Maya Ivanjesku mengatakan kandungan lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat.

"Manfaat alpukat juga dapat membantu memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warna kulit. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat dan iritasi, bisa menggunakan masker alpukat untuk membantu menenangkan kulit," ucap Maya seperti dilansir dari Healthline.

Caranya, belah dua bagian alpukat, ambil dagingnya. Kemudian hancurkan hingga menjadi pasta dan oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

2. Mencegah kerusakan kulit.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Kerusakan pada kulit disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan radikal bebas, sinar matahari, sinar blue light, dan masalah kulit lainnya. Namun tak perlu khawatir, untuk kamu yang memiliki masalah itu kamu bisa mengatasinya dengan alpukat.

Menurut penelitian tahun 2011, alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dan E, yang ditemukan dalam alpukat, memainkan peran penting dalam membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh matahari dan faktor lingkungan lainnya.

Kamu bisa mendapatkan manfaat alpukat ini dengan membuat masker alpukat, Haluskan satu buah alpukat hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah secara merata dan diamkan 10-15 menit. Bilas dengan air dingin.

3. Meningkatkan elastisitas kulit.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/diana-grytsku

Selain usia, faktor penurunan elastisitas kulit juga disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga radikal bebas. Untuk itu kamu perlu melakukan perawatan untuk kembali merangsang kolagen dalam kulit agar elastisitasnya tetap terjaga. Kamu bisa menggunakan alpukat untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Kamu bisa rutin mengonsumsi buah alpukat. Sebab, kandungan lemak dan mikronutrien antioksidan mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan dan garis halus di wajah.

4. Mengatasi jerawat.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Jerawat jadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Munculnya jerawat disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar sebasea di folikel rambut karena menumpuknya sel kulit mati dan pori-pori di wajah.

Alpukat memiliki peran penting untuk membantu membersihkan wajah secara maksimal. Selain itu, kandungan antimikroba pada alpukat dan mengatasi masalah jerawat.

Kamu bisa menggunakan masker alpukat yang dicampur dua tetes jeruk lemon, lalu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air biasa.

5. Meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/lookstudio

Tak hanya buahnya, minyak alpukat juga memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Dalam minyak alpukat terdapat kandungan antioksidan, sterol, omega-9, mineral, dan vitamin C dan E. Kandungan tersebut mampu membantu meningkatkan produksi kolagen, meredakan peradangan, dan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Caranya, oleskan minyak alpukat ke wajah secara rutin saat malam hari diamkan selama semalaman dan bilas keesokan harinya. Minyak alpukat ini juga mampu menjaga kelembapan kulit secara menyeluruh.

6. Mencegah penuaan dini.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/nakaridore

Kandungan vitamin E yang tinggi pada alpukat mampu mengencangkan kulit dan menghilangkan garis halus serta kerutan di wajah. Selain itu, adanya senyawa klorofil pada alpukat memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit.

Caranya, haluskan satu buah alpukat hingga menjadi pasta, kemudian tambahkan dengan sedikit madu. Oleskan ke wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air.

7. Melembapkan kulit.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Kamu juga bisa mendapatkan kulit lembap dari alpukat lho. Pasalnya, alpukat kaya akan vitamin A, D dan E, yang dapat membantu melembapkan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Asam lemak tak jenuh dari alpukat juga menjaga kekenyalan dan kesehatan kulit.

Caranya, campurkan setengah buah alpukat dengan kuning telur dan secangkir yogurt. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender atau mawar ke dalam campuran jika diinginkan. Oleskan pasta ke kulit. Setelah 5 menit, oleskan lapisan pasta lagi, dan diamkan hingga mengering. Bilas setelah 10 menit.

8. Memperkuat skin barrier.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/senivpetro

Alpukat adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua bahan ini sangat penting dalam membentuk lapisan lipid alami kulit. Lapisan lipid yang terganggu dapat menyebabkan masalah seperti kekeringan yang berlebihan, jerawat, dan kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, kehadiran asam linoleat dan asam oleat memastikan bahwa alpukat dapat meningkatkan skin barrier secara maksimal.

Caranya, hancurkan alpukat hingga menjadi pasta, tambahkan dengan sedikit lemon, lalu aduk hingga rata dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 10 menit dan bilas. perawatan ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.

9. Eksfoliasi alami.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Alpukat juga dianggap sebagai bahan untuk exfoliasi alami. Dalam alpukat terkandung antioksidan dan mineral yang bagus untuk kulit. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari exfoliasi dengan alpukat adalah dapat membuka pori-pori kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan wajah, mengangkat minyak berlebih, dan dapat meremajakan kulit.

Cara penggunaannya, tambahkan dua sendok minyak kelapa atau almond ke sepotong alpukat dan haluskan hingga menjadi pasta. Kemudian tambahkan satu sendok gula merah. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit dengan lembut, lalu bilas dengan air biasa.

10. Menenangkan kulit akibat terbakar matahari.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit hingga terkadang menyebabkan kulit terbakar. Mengoleskan alpukat ke kulit yang terbakar sinar matahari dapat mengurangi kemerahan dan peradangan serta memberikan rasa nyaman pada kulit. Sebab, dalam alpukat terkandung protein, lesitin, beta karoten, dan vitamin D dan E yang bagus untuk meningkatkan penyembuhan kulit.

Cara penggunaannya, campurkan setengah buah alpukat dengan satu sendok teh air jeruk nipis dan satu sendok teh yogurt. Oleskan pasta ini ke area yang terbakar dan bilas dengan air biasa.

11. Menyamarkan bintik hitam.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Bintik-bintik hitam dan bekas luka pada kulit biasanya disebabkan oleh jerawat atau masalah kulit lainnya. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, bintik hitam di wajah dapat menurunkan kepercayaan diri. Kamu bisa memanfaatkan alpukat untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin E pada alpukat membantu memperbaiki kulit dan menyamarkan bintik hitam di wajah.

Caranya, campurkan setengah buah alpukat dengan dua kapsul vitamin E dan air lemon lemon. Haluskan semua bahan hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pasta ke wajah sambil diberi pijatan lembut untuk memberi efek relaksasi. Lalu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air. Perawatan ini bisa dilakukan tiga sampai empat kali dalam seminggu.

12. Menyerap minyak berlebih.

Manfaat alpukat untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Bagi kamu yang memiliki masalah minyak di wajah, bisa diatasi dengan alpukat. Kandungan bahan aktif di dalam alpukat mampu menyerap minyak berlebih pada wajah. Alpukat juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar minyak di wajah dan menurunkan risiko timbulnya jerawat pada wajah.

Caranya, campurkan alpukat dan jeruk lemon, haluskan hingga menjadi pasta kemudian diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES