11 Manfaat tepung beras untuk wajah lengkap dengan cara penggunaannya

11 Manfaat tepung beras untuk wajah lengkap dengan cara penggunaannya

Brilio.net - Ada banyak manfaat tepung beras untuk wajah yang bisa kamu dapatkan khasiatnya. Seperti namanya, tepung terbuat dari beras yang digiling. Biasanya tepung beras dijadikan sebagai olahan untuk bahan makanan.

Namun siapa sangka, tepung beras juga memiliki manfaat lho untuk kecantikan. Biasanya, tepung beras dijadikan sebagai bahan alami pembuatan makeup dan juga kosmetik di wilayah Asia Timur, seperti Korea Selatan, Jepang, dan China.

Tepung beras sering dijadikan sebagai eksfoliasi alami untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah. Selain itu juga tepung beras bisa dijadikan sebagai sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

"Dalam tepung beras ditemukan agen antiinflamasi dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penuaan kulit, mengurangi kerusakan UV, meningkatkan pencerah kulit, dan meningkatkan pertumbuhan kembali kulit dan rambut. Protein beras merah telah disebut-sebut sebagai exfoliant alami," kata Ahli Dermatologi asal New York, dr Suzanne Friedler.

Lantas apa saja yah manfaat tepung beras untuk wajah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/3).

1. Bantu angkat sel kulit mati

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Manfaat tepung beras untuk wajah yang pertama adalah dapat mengangkat sel kulit mati. Munculnya sel kulit mati di wajah disebabkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas. Sel kulit mati di wajah menyebabkan kulit terlihat lebih kusam dan kering.

Kamu bisa mengatasi masalah kulit matid engan teping beras. Tepung beras bisa dijadikans ebagai eksfoliasi, sehingga mampu mengangkat sel kulit untuk wajah.

Tepung beras memiliki tekstur yang sedikit kasar, inilah asal muasal manfaat tepung beras untuk wajah yang ampuh mengangkat sel kulit mati. Tak hanya itu, manfaat tepung beras untuk wajah juga dapat berperan menyerap seluruh sebum pada kulit, dan membuat kulit lebih bersih.

Caranya, siapkan dua sendok makan tepung beras kemudian oleskan ke wajah secara merata sambil digosok secara merata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

2. Mengecilkan pori-pori

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik.com

Tepung beras juga mampu mengecilkan pori-pori. Caranya sangat mudah, cukup campurkan tepung beras dengan putuh telur, lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air merata. Penggunaan masker wajah ini tak hanya membuat pori-pori mengecil tapi juga kulit menjadi lebih cerah dan halus.

3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Dalam tepung beras terdapat kandungan asam ferulat dan PABA yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Ada juga kandungan asam para-aminobenzoic yang mampu merangsang pertumbuhan kembali sel kulit.

PABA juga telah terbukti melindungi dari sinar UV dan pernah digunakan dalam tabir surya. Karena menyebabkan reaksi alergi, itu tidak lagi diakui secara umum sebagai bahan tabir surya yang aman oleh Food and Drug Administration (FDA).

Asam ferulat adalah senyawa organik dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Ini diekstraksi dari dedak padi serta banyak tanaman lainnya, termasuk gandum, terong, jeruk, jagung manis, gandum hitam, dan bit.

Asam ferulat juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang merusak, terutama dalam kombinasi dengan vitamin C dan E.

"Ini sering ditemukan dalam serum perawatan kulit. Ada beberapa penelitian yang diterbitkan dalam jurnal dermatologi konvensional yang mendukung penggunaannya sebagai senyawa antioksidan dan fotoprotektif," kata Friedler.

Tumbuhan membuat vitamin C dan E untuk melindungi diri dari sinar matahari. Pada manusia, mendapatkan vitamin C dan E dari makanan (atau suplemen) melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari (atau kerusakan kulit akibat sinar UV matahari), terutama ketika vitamin ini dioleskan ke kulit.

Kamu bisa membuat masker tepung beras lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

4. Mengencangkan kulit

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Manfaat tepung beras untuk wajah selanjutnya adalah mampu mengencangkan kulit secara alami. Kulit yang kencang membuat wajah terlihat lebih sehat dan awet muda.

Caranya, campurkan tepung beras debgan putih telur, dan madu. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan beberapa menit. Bilas dengan air hangat.

5. Menghaluskan kulit

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Kulit halus dan lembut merupakan impian setiap orang, namun ada saja masalah yang sering muncul seperti kulit lebih kasar dan kusam. Hal itu disebabkan karena banyak kotoran dan sel kulit mati yang membuat wajah lebih kasar. Kamu bisa menggunakan tepung beras untuk membantu menghaluskan kulit.

Caranya campurkan satu sendok tepung beras dengan setengah sendok teh oatmeal dan madu. Lalu aduk hingga merata dan oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

6. Mengatasi jerawat

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik.com

Jerawat merupakan masalah yang sangat mengganggu penampilan. Munculnya jerawat disebabkan oleh kelenjar minyak yang tersumbat di pori-pori sehingga menyebabkan peradangan. Tak jarang seseorang memiliki jerawat batu dan peradangan yang membuat seseorang mengalaminya tidak percaya diri.

Kamu bisa mengatasi masalah jerawat dengan menggunakan tepung beras. Tepung beras mengandung asam fitat yang diperkaya dengan asam alfa hidroksi antioksidan (AHA).

Kandungan tersebut dapat diekstraksi dari banyak tanaman, termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Itu kemudian ditambahkan ke produk perawatan kulit.

Cara menggunakannya, siapkan satu sendok makan tepung beras dan satu sendok air jeruk lemon. Lalu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

7. Mampu menyerap minyak berlebih

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Manfaat utama tepung beras adalah dapat menyerap minyak berlebih di wajah. Tepung beras mengandung protein dan lemak yang dapat menyerap minyak di wajah. Tepung beras biasa ditemukan pada produk skincare, sehingga mampu mengontrol minyak dan mengecilkan pori-pori.

Cara mengaplikasikannya dengan mengoleskan masker tepung beras yang dioleskan ke wajah secara merata dan diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air biasa.

8. Mengatasi mata panda

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik/kamramaydinov

Tepung beras salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah mata panda. Hal itu dapat menghilangkan mata bengkak, sehingga area mata terlihat lebih segar

Caranya oleskan pasta tepung beras ke area bawah mata kemudian diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa. Tepung beras juga dapat membuat area mata lebih segar.

Cara Penggunaan:

Siapkan pasta kental menggunakan pisang, minyak jarak dan tepung beras dan gunakan sebagai masker mata atau oleskan di area yang terkena. Bahan-bahan yang tersedia dalam kemasan sangat bagus untuk mencerahkan kulit halus di sekitar mata. Masker juga memberikan relaksasi membuat kamu terlihat jauh lebih muda.

9. Eksfoliasi

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Manfaat tepung beras juga bisa dijadikan sebagai eksfoliasi alami. Partikel halus dalam tepung beras dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan wajah, dan menghaluskan wajah.

Caranya, campurkan tepung beras, bubuk coklat, gula, dan madu. Laku oleskan ke wajah sambil digosokan ke wajah secara merata. Diamkan 10 menit dan bilas dengan air biasa.

10. Mencerahkan wajah

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Kandungan nutrisi dan mineral pada tepung beras dapat membuat wajah menjadi lebih cerah. Selain itu kandungan vitamin dan asam amino disebut sebagai zat pembersih dan dapat membuat wajah lebih glowing.

Caranya, campurkan teping beras, madu, dan dadih hingga menjdu pasta. Lalu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

11. Mengatasi masalah penuaan

Manfaat tepung beras untuk wajah

foto: Freepik/nakaridore

Penuaan di wajah jadi masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Sebab, banyak kerutan dan garis halus yang terlihat di wajah. Untuk itu kamu perlu menggunakan skincare yang dapat mengatasi masalah penuaan.

Kamu bisa memanfaatkan tepung beras untuk mengurangi kerutan dan garis halus. Caranya, campurkan satu sendok teh tepung beras dengan beberapa jus mentimun dan jus lemon untuk membentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan hingga kering lalu bilas dengan air dingin.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES