11 Manfaat kopi untuk wajah, angkat kotoran dan flek hitam

11 Manfaat kopi untuk wajah, angkat kotoran dan flek hitam

Brilio.net - Kopi salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang. Kopi dikenal sebagai minuman yang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Biasanya kopi dinikmati sebagai teman kerja dan juga nongkrong. Tingginya animo masyarakat terhadap kopi, kedai kopi pun semakin menjamur dengan berbagai varian dan inovasi rasa.

Ternyata, kopi tak hanya enak dinikmati, tapi ada banyak manfaat kopi untuk wajah. Menurut penelitian dari American Chemical Society kopi merupakan exfoliator yang baik. Kandungan fenol dan antioksidan yang tinggi pada kopi dapat mengatasi berbagai macam permasalahan kulit di wajah.

Kali ini brilio.net akan merangkum manfaat kopi untuk wajah. Yuk simak ulasannya seperti dilansir dari Healthline dan Urbancompany.com, Rabu (26/1).

1. Mencerahkan wajah

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik.com

Manfaat kopi untuk wajah yang pertama adalah untuk mencerahkan wajah. Ya, wajah cerah masih jadi goals para wanita yang ingin melakukan perawatan wajah. Kamu bisa menggunakan kopi sebagai perawatan tambahan untuk membantu mencerahkan wajah.

Caranya kamu bisa siapkan satu sendok makan bubuk kopi dan susu cair. Campurkan kedua bahan tersebut hingga memiliki konsistensi seperti pasta. Setelah itu aplikasikan ke wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin.

2. Memutihkan wajah

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Untuk memutihkan wajah, kamu juga bisa menggunakan kopi. Kamu bisa mencampurkan kopi, yogurt, dan bubuk kunyit. Kandungan vitamin C pada kunyit dapat menghilangkan flek hitam dan kulit kusam di wajah dan kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam yogurt dapat membantu mengurangi jerawat dan menutrisi kulit wajah.

Caranya siapkan satu sendok makankopi bubuk, kunyit, dan yogurt. Campurkan semua bahan hingga merata, lalu aplikasikan ke wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Diamkan hingga 20 menit kemudian bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa kamu lakukan dua kali dalam seminggu.

3. Mengatasi jerawat

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/user18526052

Jerawat membandel jadi masalah yang kerap dialami oleh masyarakat. Kamu bisa mengatasi itu dengan menggunakan campuran kopi, minyak kelapa, dan kayu manis. Kayu manis memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang dapat mengatasi masalah jerawat. Sementara minyak kelapa memiliki manfaat untuk menghilangkan kotoran di wajah.

Caranya kamu bisa siapkan satu sendok makan kopi bubuk, setengah sendok makan minyak kelapa, dan seperempat sendok teh bubuk kayu manis. Campurkan semua bahan hingga mengental. Kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

4. Meratakan warna kulit

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Terlalu sering terpapar sinar matahari membuat wajah memiliki warna kulit yang tidak merata. Kamu bisa menggunakan campuran kopi dan perasan lemon untuk membantu meratakan warna kulit di wajah.

Caranya siapkan satu sendok makan kopi bubuk dan jus lemon, campurkan kedua bahan dan aduk hingga rata. Kemudian oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Masker kopi ini bisa kamu gunakan dua kali dalam seminggu.

5. Mengencangkan kulit

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/valeria_aksakova

Banyak yang tak tahu kalau kopi memiliki sifat anti penuaan yang dapat mengencangkan kulit wajah. Ketika kulit kencang, akan tampak lebih sehat.

Cara membuatnya, kamu bisa campurkan satu sendok makan kopi bubuk, yogurt dan madu. Aduk semua bahan hingga merata. Kemudian oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 10-15 menit. Pijat wajah secara perlahan sebelum dibilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali seminggu.

6. Menyamarkan flek hitam

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kopi merupakan eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan flek hitam di wajah. Kandungan sulfur pada kopi juga dapat mengatasi masalah jerawat.

Kamu bisa siapkan setengah cangkir kopi bubuk dan kakao bubuk, siapkan satu cangkir susu murni, satu sendok makan jus lemon, dan satu sendok makan madu. Campurkan semua bahan dalam satu wadah dan aduk hingga seperti pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air biasa.

7. Memperbaiki kulit dari kerusakan radikal bebas

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/wirestock

Partikel kasar dalam bubuk kopi bekerja sebagai agen pengelupasan untuk membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dari kulit. Sifat antioksidan yang pada kopi dapat membantu memperbaiki kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kamu cukup mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air atau minyak kelapa, kemudian oleskan ke wajah sambil dipijat halus. Perawatan ini bisa dilakan satu kali seminggu.

8. Mengatasi lingkar mata

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Munculnya lingkar mata di wajah tentu menganggu penampilan. Penyebab lingkar mata menghitam biasanya karena stres dan kurang istirahat. Kopi mengandung antioksidan dan kafein yang dapat membantu mengatasi lingkar mata yang menghitam. Selain itu, sifat anti-inflamasi pada kefein dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar mata, yang dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam dan pembengkakan.

Caranya camourkan bubuk kopi secukupnya dan minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut ke area bawah mata. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air biasa.

9. Mengatasi wajah berminyak

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Mmeiliki kulit berminyak ini terkadang membuat seseorang juga akan lebih rentan mengalami jerawat. Selain itu, wajah berminyak juga rentan membuat seseorang memiliki kulit kusam.

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan masker kopi. Caranya, siapkan satu sendok makan bubuk kopi dan satu sendok makan minyak kelapa. Aduk kedua bahan kemudian aplikasikan ke wajah secara merata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

10. Perawatan anti aging

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Manfaat kopi untuk wajah selanjutnya adalah sebagai perawatan untuk antiaging. Kopi merupaka eksfoliasi alami yang dapat mengangkat kotoran sel-sel kulit mati serta flek hitam di wajah sehingga kulit bisa teregenerasi kembali. Dengan rutin melakukan scrubbing tak hanya membuat kulit menjadi bersih dan cerah, namun juga membuatnya kencang.

Kamu juga dapat melakukan perawatan anti aging dengan membuat masker kopi yang dicampur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Aplikasikan campuran bahan tersebut pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

11. Mengatasi komedo

Manfaat kopi untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Manfaat kopi untuk wajah yang terakhir adalah dapat mengatasi komedo. Kandungan kafein pada kopi bekerja secara efektif mengurangi sel-sel lemak dan minyak yang menjadi penyebab utama munculnya komedo. Bila kamu ingin menghilangkan komedo dengan cara alami, cukup gunakan masker kopi.

Caranya dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air. Oleskan pada area wajah yang terdapat berkomedo, lalu gosok secara perlahan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih. Perawatan ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali seminggu.


(brl/guf)

tags

Advertising
Advertising
STORIES