Brilio.net - Pijat bayi sudah menjadi kebiasaan yang populer di kalangan orangtua. Selain untuk kesehatan, pijat pada bayi diklaim juga baik untuk pertumbuhannya. Namun, seorang pakar kesehatan dari University of Manchester, Inggris, memperingatkan adanya bahaya bila memijat bayi dengan minyak zaitun ataupun minyak bunga matahari karena bisa bikin sakit kulit.

Menurut Dr Alison Cooke, tim peneliti telah menemukan fakta bahwa minyak alami yang digunakan untuk memijat bayi dapat merusak lapisan pelindung di kulit bayi yang masih rapuh. Lebih jauh, Alison mengatakan kulit bayi bisa saja terkena penyakit eksim dan kerusakan jangka panjang bagi kulitnya.

Minyak Pijat Bayi  © 2016 brilio.net

Minyak tersebut menurutnya akan meresap ke lapisan asam lemak yang mana akan merusak struktur kulit yang membuat kulit rentan akan masuknya zat iritatif dan juga mengeluarkan air. Hal ini akan memicu kulit kering, pecah-pecah dan kondisi lain seperti eksim.

"Untuk menghindari penyakit pada bayi, sampai adanya penelitian lanjutnya, penggunaan dua minyak itu (zaitu dan bunga matahari) seharusnya tak direkomendasikan untuk perawatan kulit kering ataupun pijat bayi," ujar Alison kepada Royal College of Midwives seperti dilansir brilio.net dari dailymail.

Loading...

Minyak Pijat Bayi  © 2016 brilio.net

Saat ini diperkirakan, satu dari tiga bayi yang ada di dunia menderita penyakit kulit eksim karena kosmetik yang dipakaikan pada kulit sensitif bayi. Hal itu dikarenakan banyak produk perawatan bayi yang hanya lolos tes kosmetik tanpa adanya pembuktian medis bahwa produk mereka aman.