1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
30 April 2020 01:25

Niat wudhu beserta tata cara yang benar, lengkap dengan artinya

Jika bertemu orang saja persiapan banget, menghadap Tuhan juga harus baik. Dwiyana Pangesthi

Brilio.net - Dalam melakukan ibadah, umat Islam diwajibkan untuk mensucikan diri. Kesucian itu meliputi dua aspek, lahir dan batin. Tentu saja kesucian lahir dan batin dibutuhkan saat seseorang akan melakukan ibadah. Nah, agar sholat kita diterima oleh Allah SWT, maka kita harus menyempurnakan syarat sah sholat. Salah satunya adalah wudhu.

Wudhu merupakan salah satu cara untuk menghilangkan hadas, yaitu hadas kecil. Wudhu biasanya dilakukan sebelum ibadah yang mengharuskan untuk mensucikan dari hadas kecil, misalnya sholat. Namun sebelum melakukannya, awalilah dengan niat wudhu.

BACA JUGA :
Tata cara sholat Idul Fitri beserta niat, doa, & tuntunan sunahnya


Sebagai Muslim yang baik, seharusnya kita mengetahui niat wudhu beserta tata cara yang benar dan menyempurnakan wudhu kita. Jika kita saja berusaha tampil sebaik mungkin saat bertemu seseorang, maka kita harus sempurna ketika menghadap Allah.

Hal ini sesuai dengan yang diperintahkan Allah SWT mengenai tata cara wudhu dalam Surat Al Maidah ayat 6 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki."

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, niat wudhu beserta tata cara yang benar, lengkap dengan artinya, Kamis (30/4).

BACA JUGA :
Doa dalam sujud terakhir, lengkap dengan keutamaannya

Niat wudhu.

foto: freepik.com

Segala perbuatan harus dimulai dengan niat, sama halnya dengan ibadah. Jika seseorang membasuh anggota wudhu dengan niat untuk mengurangi rasa panas atau untuk membersihkannya maka tidak dianggap sebagai orang yang berwudhu. Sebab melakukan aktivitas seperti wudhu tapi tanpa diiringi dengan niat wudhu maka aktivitasmu tersebut akan dianggap seperti aktivitas biasa orang sedang mencuci bagian tubuh.

"Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan."(HR. Muttafaqun Alaihi)

Berikut bacaan niat wudhu:

"Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa"

Artinya:

"Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah."

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags