1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
15 Juli 2022 21:03

Multikultural adalah keragaman budaya, ini pengertian dan manfaatnya

Istilah multikultural sering digunakan untuk menggambarkan kesatuan berbagai etnis masyarakat yang berbeda di dalam suatu negara. Dewi Suci Rahmadhani
Konsep multikultural di Indonesia

Konsep multikultural di Indonesia.

foto: unsplash.com

BACA JUGA :
Budaya adalah adat istiadat, ini pengertian, ciri-ciri, dan unsurnya


Konsep multikultural sebenarnya telah dituangkan oleh para pendiri bangsa Indonesia untuk menggambarkan kebudayaan bangsa Indonesia ke dalam sebuah konsep ideologi bangsa. Dalam upaya membangun masa depan bangsa, paham multikulturalisme dianggap sebagai sebuah ideologi yang harus diperjuangkan karena dibutuhkan sebagai landasan bagi tegaknya demokrasi, HAM, dan kesejahteraan hidup masyarakatnya.

Multikultural diperlukan di Indonesia untuk meningkatkan masyarakat majemuk yang akan secara bertahap memasuki masyarakat yang multikultural. Masyarakat multikultural merupakan sebuah masyarakat yang berdasarkan pada ideologi multikulturalisme atau Bhinneka Tunggal Ika.

Indonesia pernah mengalami beberapa permasalahan multikulturalisme seperti tragedi Poso, Sampit, tragedi Mei 1998, dan tragedi Monas. Beberapa peristiwa tersebut menjadi suatu tantangan bagi Indonesia untuk dapat mewujudkan masyarakat multikultural yang damai.

BACA JUGA :
Negosiasi adalah proses tawar menawar, ketahui penjelasan lengkapnya

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags