1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
11 Juli 2019 06:01

Makanan futuristik ini terbuat dari udara & listrik, kok bisa?

Terobosan unik nih! Azizta Laksa Mahardikengrat
foto: solarfoods.fi

Brilio.net - Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh yang paling berharga. Tanpanya, kita tak akan bisa beraktivitas sehari-hari dengan optimal. Sayangnya, semakin banyak lahan pertanian dan perkebunan di berbagai belahan dunia yang dialihfungsikan, salah satunya untuk kepentingan lahan industri.

BACA JUGA :
15 Makanan untuk meredakan migrain, alami dan mudah didapat


foto: solarfoods.fi

Melihat semakin sempit lahan pertanian, sebuah start-up dari Finlandia berhasil membuat prototipe makanan futuristik yang terbuat dari udara dan listrik. Start-up bernama Solar Foods ini berhasil memproduksi protein yang mirip sekali dengan bubuk gandum. Dilansir brilio.net dari Odditycentral, Kamis (11/7) makanan futuristik ini dinamai Solein.

Solein dibuat dari proses ilmiah dimana air dialiri listrik untuk menghasilkan karbon dioksida dan hidrogen. Mikroba kemudian dimasukkan dalam produk akhir yang nantinya akan berfermentasi seperti minuman alkohol. Hasil fermentasi inilah yang nantinya akan diolah oleh Solar Food menjadi Solein.

BACA JUGA :
3 Manfaat membungkus makanan dengan daun jati, menambah aroma

foto: solarfoods.fi

"Ini merupakan jenis makanan yang sangat baru, sebuah protein yang unik, dan sangat berbeda dari produk lainnya karena tidak dihasilkan dari proses agrikultur atau akuakultur konvensional," ujar Dr Pasi Vainikka, chief executive Solar Foods seperti dilansir Brilio.net dari Guardian.

Solein mempunyai kandungan 50% protein dan mempunyai rasa lainnya bubuk gandum. Produk futuristik ini bisa digunakan dalam aneka jenis masakan dan bisa dicetak dalam berbagai bentuk untuk memberikan tekstur yang unik.

foto: solarfoods.fi

Solein juga diklaim ramah lingkungan daripada makanan lainnya. Solar Foods mengklaim bahwa Solein lebih hemat energi hingga 10 kali dibandingkan pertanian atau peternakan konvensional. Masih menjadi prototipe, Solein diharapkan bisa dijual secara komersil dalam waktu dekat.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags