1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
27 Juli 2020 22:42

Macam-macam sedekah dan keutamaan melaksanakannya

Manfaat sedekah bisa dirasakan si pemberi sekaligus penerimanya. Shofia Nida
foto: freepik

Brilio.net - Sedekah merupakan suatu perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah karena dapat menjadi amal sholeh bagi seseorang yang melakukannya.

Sedekah adalah salah satu ajaran dalam agama Islam yang sejatinya dapat dilakukan kapan saja. Tidak banyak diketahui bahwa amalan ini sebenarnya sangat ringan untuk dilakukan.

BACA JUGA :
15 Amalan sunah di hari Jumat yang dianjurkan Rasulullah


Sedekah termasuk amalan yang bersifat sosial atau al-muta'ddiyah. Artinya, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh orang yang mengerjakannya, namun juga dirasakan banyak orang lain, terutama yang menerima sedekah.

Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk mengutamakan bersedekah. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (27/7), dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang mendapatkan harta dari sumber yang haram lantas dia manfaatkan untuk berbuat baik kepada kerabatnya, sedekah kepada orang miskin atau infaq di jalan Allah, maka semua amalnya tersebut dikumpulkan (tidak bernilai) dan karenanya dia dicampakkan ke dalam neraka." (HR. Abu Daud dalam Marasil, Hasan li Ghairihi, Shahih Targhib nomor 1721)

BACA JUGA :
Tata cara adzan untuk jenazah lengkap dengan hukumnya

Macam-macam sedekah.

foto: freepik

Dalam ajaran agama Islam, sedekah dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

1. Sedekah Materi.

Sedekah materi adalah sedekah yang dapat memberikan barang-barang miliknya kepada orang lain. Misalnya memberi uang, makanan, minuman, atau takjil berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa. Hal ini pun sangat dianjurkan oleh Rasulullah dan seseorang yang melakukan sedekah materi akan mendapatkan pahala puasa seperti orang yang berpuasa.

2. Sedekah Non Materi.

Sedekah non materi adalah sedekah yang dapat dilakukan seseorang dengan tanpa mengeluarkan materi, tetapi dengan tenaga, pikiran, nasihat, atau sekadar senyum tulus kepada sesama saudaranya.

3. Sedekah Jariyah.

Sedekah jariyah adalah sedekah yang terus mengalir pahalanya meskipun orang yang bersedekah telah meninggal dunia karena barang yang disedekahkan masih terus dimanfaatkan. Seperti menyedekahkan hartanya untuk membangun masjid, pesantren, pengembangan ilmu, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya yang bermanfaat.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags