1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
24 Agustus 2022 15:20

Harga adalah, pahami fungsi, tujuan, dan jenisnya

Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa. Kharisma Alfi Tiara
Pengertian harga menurut para ahli.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Barang substitusi adalah, ketahui pengertian, jenis, dan contohnya


Berikut ini pengertian harga menurut para ahli, antara lain:

1. Philip Kotler (2010).

Harga adalah salah satu elemen bauran pemasaran atau marketing mix yang dapat menghasilkan pendapatan, di mana elemen yang lain mendapatkan biaya. Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar pelanggan untuk mendapatkan biaya.

BACA JUGA :
Arti definisi adalah, ketahui ciri-ciri, jenis, dan contohnya

2. Buchari Alma (2005).

Harga merupakan sejumlah uang yang digunakan untuk menilai dan mendapatkan produk maupun jasa yang dibutuhkan konsumen. Harga adalah nilai moneter yang harus dibayar pelanggan untuk memperoleh atau memiliki produk suatu perusahaan.

3. Kotler dan Armstrong (2001).

Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan terhadap suatu produk (barang atau jasa), atau jumlah nilai yang harus dibayar konsumen demi mendapatkan manfaat dari produk tersebut.

4. Samsul Ramli (2013).

Harga adalah nilai relatif yang dimiliki oleh suatu produk. Nilai tersebut bukanlah indikator pasti yang menunjukkan besarnya sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk.

5. Imamul Arifin (2007).

Harga adalah kompensasi yang harus dibayar konsumen demi memperoleh produk barang atau jasa.

Fungsi harga.

foto: freepik.com

Harga memiliki fungsi sebagai alat ukur nilai suatu barang, cara membedakan suatu barang, menentukan jumlah barang yang akan diproduksi, dan pembagiannya kepada konsumen. Lebih lanjut, berikut ini beberapa fungsi harga secara umum.

1. Sebagai pendistribusian harga.

Harga mempunyai kemampuan untuk pendistribusian sumber daya yang langka. Kelangkaan sumber daya mengakibatkan harga sumber daya menjadi tinggi, sehingga pelanggan yang membeli adalah yang memiliki kemauan dan kemampuan. Contohnya, berlian yang merupakan barang mewah dan hanya bisa dibeli orang yang mempunyai sumber daya keuangan yang cukup.

2. Sebagai intensif harga.

Ketika harga komoditas naik, yang disebabkan permintaan meningkat, hal ini memungkinkan pemasok melihat tren pelanggan yang berubah di pasar. Oleh karena itu, para pemasok akan lebih memilih untuk menghasilkan penawaran tertentu sehingga menghasilkan keuntungan.

3. Sebagai transmisi harga.

Harga diketahui sebagai salah satu informasi yang perlu disampaikan semua pihak yang terlibat baik di pasar maupun tempat lain yang dilakukan secara bergilir. Hal ini dilakukan supaya produsen dan pelanggan dapat membuat keputusan sesuai ketentuan yang telah ada dan berlaku. Contohnya, pada penawaran barang atau jasa yang berkualitas lebih mahal, berbeda dengan penawaran yang menggunakan bahan baku yang lebih murah.

4. Fungsi sinyal harga.

Seringkali harga penawaran bervariasi sebab volume permintaan dan penawaran pasar. Bila permintaan tinggi, tetapi penawaran rendah, maka pasar secara jelas akan melihat kenaikan harganya. Contohnya, emas merupakan sumber daya langka yang mengalami kenaikan harga secara konstan selama bertahun-tahun sebab permintaan terus meningkat.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags