1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
8 April 2022 07:21

Doa setelah membaca surat Al-Waqiah beserta terjemahannya

Membaca surat Al-Waqiah bisa mendapatkan kelancaran dalam rezeki dan merupakan amalan yang dianjurkan untuk umat muslim. Kharisma Alfi Tiara
Manfaat membaca surat Al-Waqiah

Manfaat membaca surat Al-Waqiah

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Doa Ayat Kursi beserta terjemahan dan keutamaannya lengkap


1. Memperoleh kekayaan dan rezeki yang berlimpah.

Alangkah baiknya jika surat Al-Waqiah dibacakan sebanyak 14 kali seusai sholat Ashar, maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dari Allah SWT. Seperti pada hadits yang dijelaskan berikut ini, berbunyi:

"Ajarkanlah surah Al-Waqiah kepada isteri-isterimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan." (Hadis riwayat Ibnu Ady)

BACA JUGA :
Bacaan surat Al-Waqiah, lengkap dengan bahasa latin dan artinya

2. Tidak akan ditimpa kefakiran.

Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan ditimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203)

3. Diberikan syafaat pada hari kiamat.

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja'far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul Amal, hlm 117)

4. Dicintai oleh Allah dan manusia.

Imam Ja'far Ash-Shadiq (sa) berkata: Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukminin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain. (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

5. Dijauhkan dari kelalaian.

Ubay bin Kab berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai. (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

6. Diberikan ketenangan jiwa dan raga oleh Allah.

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: "Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul Amal, halaman 117).

7. Mengajarkan tauhid kepada umat muslim.

Surat Al-Waqiah mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah dan semakin membuat seseorang yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags