1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
28 Maret 2022 23:22

Doa puasa Senin Kamis, lengkap dengan arti dan keutamaannya

Puasa Senin Kamis bisa mengeluarkan racun dalam tubuh, lho. Kharisma Alfi Tiara
foto: freepik.com

Brilio.net - Puasa menjadi salah satu rukun Islam yang harus dilakukan setiap muslim. Secara hukum, puasa terbagi menjadi dua yaitu wajib dan sunnah.

Selain ibadah puasa wajib seperti yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan, ada juga puasa sunnah yang dilakukan akan mendapatkan pahala dari Allah dan jika tidak dilaksanakan pun tidak berdosa.

BACA JUGA :
Tata cara puasa tarwiyah, beserta makna, sejarah, dan keutamaannya


Puasa sunnah adalah puasa yang yang dilakukan selain di bulan Ramadhan, seperti halnya puasa Senin Kamis. Sesuai namanya, puasa ini dilakukan setiap hari Senin dan Kamis.

Bahkan, semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW selalu menjalankan puasa Senin Kamis. Hal ini dikatakan oleh Aisyah radhiyallahu yang tertuang dalam sebuah hadits, "Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai dan Ibnu Majah)."

Seperti pada saat menjalankan puasa wajib Ramadhan, puasa Senin Kamis juga mengajarkan untuk membaca doa sebelum menjalankan puasa Senin Kamis.

BACA JUGA :
Keutamaan dan niat Puasa Arafah, Tarwiyah & Asyura di bulan Dzulhijjah

Nah, untuk lebih jelasnya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (28/3), berikut doa niat puasa Senin Kamis, keutamaan, dan manfaatnya.

Doa niat puasa Senin Kamis.

foto: freepik.com

Setiap ibadah yang akan dilaksanakan tentunya harus dilandasi dengan niat dan doa, sebelum menjalankan ibadah puasa sunah Senin Kamis, berikut ini doa puasa Senin Kamis.

Niat puasa Senin.

"Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa."

Artinya:

"Saya niat puasa pada hari Senin, sunnah karena Allah Ta'ala."

Niat puasa Kamis.

"Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa."

Artinya:

"Saya niat puasa pada hari Kamis, sunnah karena Allah Ta'ala."

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags