1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
20 Maret 2020 18:37

Daftar isi kotak P3K yang wajib kamu miliki di rumah

Setidaknya ada 14 barang yang wajib ada di kotak P3K. Syifaul Qulubil

Brilio.net - Kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah salah satu sarana kesehatan yang penting dan wajib dimiliki di rumah. Kotak P3K memiliki fungsi sangat penting sebagai langkah antisipasi dan penanganan dini apabila anggota keluarga mengalami cedera atau luka.

Ketika terjadi luka atau cedera, anggota tubuh tersebut harus mengalami penanganan dengan cepat agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut. Maka dari itu, keberadaan kotak P3K di rumah sangatlah dibutuhkan.

Setiap rumah tangga sebaiknya mempersiapkan kotak P3K. Tak perlu bingung terkait isi dari kotak P3K, barang-barang ini wajib banget dimiliki. Berikut daftar isi kotak P3K yang wajib kamu miliki di rumah seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/3).


1. Plester luka.

BACA JUGA :
Pertolongan pertama mengatasi benda asing masuk ke 5 bagian tubuh


foto: freepik.com

Plester luka memiliki fungsi menutup anggota tubuh yang mengalami luka. Selain itu, plester luka juga dapat mencegah luka agar tidak terinfeksi dari paparan benda luar yang bisa saja membahayakan luka terbuka tersebut.

2. Perban gulung.

BACA JUGA :
Aksi heroik remaja menyelamatkan nyawa kakek ini tuai pujian, salut

foto: freepik.com

Perban gulung memiliki bentuk simpel dan memiliki siklus udara yang baik. Perban berpori ini dapat menjaga luka agar berangsur membaik.

3. Kapas.

foto: freepik.com

Kapas dalam kotak P3K berfungsi untuk membersihkan luka dan sebagai bantalan luka. Namun yang harus diperhatikan, setelah membersihkan luka dengan kapas pastikan tidak ada sisa kapas yang tertinggal pada luka.

4. Hand sanitizer.

foto: freepik.com

Hand sanitizer adalah cairan pembersih tangan yang tidak memerlukan air untuk membilasnya. Hand sanitizer berfungsi sebagai pembunuh virus dan bakteri yang menempel pada tangan.

5. Salep antibiotik.

foto: freepik.com

Salep antibiotik bisa digunakan untuk luka lecet, luka sayat, serta luka bakar ringan. Sedikit berbeda dengan salep antiseptik, salep antibiotik tidak hanya menghambat perkembangan bakteri tetapi juga menghentikannya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags