1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
24 Oktober 2023 10:46

Bukan pakai minuman bersoda, ini cara mudah hempas karat pada besi di peralatan tukang modal Rp 3 ribu

Bahan yang digunakan ada di warung, mudah didapatkan, nggak usah perlu ke supermarket Hapsari Afdilla

Brilio.net - Perkaratan pada peralatan tukang adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh para tukang maupun orang-orang pada umumnya. Karatadalah hasil dari reaksi kimia antara besi atau baja dengan oksigen dan kelembaban udara. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan peralatan tukang menjadi korosif seiring berjalannya waktu.

Selain karena oksigen dan kelembaban udara, kondisi penyimpanan dan perawatan dari peralatan tukang dapat memengaruhi sejauh mana alat-alat ini berkarat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan menyimpan dengan baik peralatan tukang yang terbuat dari besi untuk menghindari karatan.

BACA JUGA :
Bukan pakai cat, begini bikin furnitur kayu jadi mengkilat dan antirayap cuma pakai satu jenis cairan


Namun, jika sudah terlanjur, nggak perlu panik apalagi sampai beli yang baru. Ternyata alat-alat tukang itu masih bisa diangkat karatnya hanya dengan modal Rp 3 ribu saja, lho. Kira-kira seperti apa prosesnya? Brilio.net menghimpun dari YouTube sukaseni ss, Selasa (24/10), berikut ini ulasan lengkapnya.

foto: YouTube/sukaseni ss

BACA JUGA :
Tak perlu beli baru, begini cara perbaiki resleting tas rusak cuma pakai satu alat rumah tangga

Sebetulnya ada banyak cara untuk menghilangkan karat pada besi di peralatan tukang maupun benda lain. Mulai menggunakan minuman bersoda, cuka makanan, bahkan sampai sabun cuci piring yang biasa ada di rumah.

Namun, terkadang menggunakan bahan-bahan itu hasilnya kurang maksimal, serta sisa-sisa karat masih menempel di besi.

foto: YouTube/sukaseni ss

Hal yang perlu kamu siapkan cukup membeli citric acid atau biasa juga disebut asam sitrat. Citric acid merupakan asam organik lemah yang biasanya ditemukan dalam daun, buah, dan tumbuhan genus citrus. Senyawa ini merupakan bahan pengawet alami yang biasa digunakan untuk makanan dan minuman.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags