1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
17 November 2017 00:04

Begini ternyata proses rumit restorasi lukisan tua, hati-hati sekali

Lukisan tua harus diperlakukan secara khusus. Muhammad Gufron Salim

Brilio.net - Lukisan-lukisan dengan umur berabad-abad mempunyai nilai seni tinggi. Tak hanya itu, lukisan kuno tersebut juga menjadi buruan para kolektor benda-benda antik. Otomatis nilai ekonominya juga fantastis.

Tak heran jika lukisan tua ditempatkan dan dirawat dengan perlakuan khusus. Biasanya jika dipajang di museum ada larangan untuk memegangnya dengan sembarangan. Sebab, bisa saja cat lukisan itu terkelupas atau terkotori benda yang menempel di tangan.

BACA JUGA :
10 Karya seni dari labu ini bikin mata terpukau


Pecinta seni dan sejarawan asal Inggris, Philip Mold berbagi video cuplikan menakjubkan restorasi lukisan abad ke-17 via Twitter. Dalam video itu, orang yang merestorasi lukisan tua awalnya menggunakan sikat untuk meratakan semacam pelarut cat guna menghilangkan lapisan pernis tebal pelindung sebuah lukisan antik. Dia sangat hati-hati memperlakukan lukisan itu.

Proses pembersihan vernis lukisan tua memakan waktu sekitar tiga minggu. Ini dimulai dengan pengujian campuran kimia dan pelarut yang dibutuhkan untuk menghilangkan vernis yang ada sehingga tidak merusak lukisan itu sendiri.

Beberapa warganet mempertanyakan apakah metode yang digunakan untuk menghapus vernis ini tidak merusak lukisan. Mold telah menanggapi dengan mengatakan bahwa ahli restorasi telah berusaha keras untuk tidak merusak bagian tertentu lukisan. Mould juga berjanji untuk mengirim video lengkap restorasi lukisan tua itu. Setelah sepenuhnya pulih, lukisan tersebut bakal dipamerkan di Masterpiece Fair di London pada Juni 2018.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags