1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
9 Juli 2022 09:02

Arti hasbunallah wanikmal wakil lengkap beserta keutamaannya

Kalimat berdzikir untuk menyebut nama keagungan Allah sangatlah banyak, salah satunya hasbunallah wanikmal wakil. Kharisma Alfi Tiara
Keutamaan dzikir hasbunallah wanikmal wakil

Keutamaan dzikir hasbunallah wanikmal wakil.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Arti barakallah fii umrik beserta cara menjawab dan hukumnya


kalimat hasbunallah wanikmal wakil merupakan dzikir yang sederhana, namun memiliki keutamaan yang besar bagi umat muslim yang membaca dan mengamalkannya. Berikut ini keutaman dzikir hasbunallah wanikmal wakil:

1. Sebagai penolong.

Mengutip buku Misteri Dzikir Hasbunallah Wa Ni'mal Wakil oleh Muhammad Khatib, S.Pd.I, dzikir hasbunallah wanikmal wakil telah diamalkan oleh para nabi dan rasul sejak dulu. Dzikir ini kerap diamalkan untuk meminta pertolongan Allah SWT atas ujian hidup yang sedang menimpa seorang hamba.

BACA JUGA :
Cara membayar fidyah dengan uang, lengkap dengan hukumnya dalam Islam

Ibnu Abbas berkata, hasbunallah wanikmal wakil adalah perkataan Nabi Ibrahim ketika dia akan dilempar ke api. Sedangkan, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena takutlah kepada mereka!" Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung." (HR. Bukhari No. 4563).

2. Mendapat perlindungan Allah.

Kalimat hasbunallah wanikmal wakil juga menjadi salah satu dzikir yang dapat mendatangkan perlindungan Allah. Ibnu Katsir menjelaskan, hasbunallah wanikmal wakil merupakan doa yang Nabi Ibrahim baca ketika dilemparkan ke dalam api. Dan Allah SWT pun menolongnya.

Selain itu, kalimat ini juga dibaca oleh Aisyah saat mengendarai unta Shafwan bin Muattal, sehingga akhirnya dia terbebas dari fitnah. Dari situ Allah kemudian membebaskannya dari fitnah dengan menurunkan firmanNya dalam Alquran.

3. Allah akan mencukupkan nikmat.

Keutamaan dzikir hasbunallah wanikmal wakil yaitu Allah SWT akan mencukupkan nikmat setiap hambanya yang membaca serta mengamalkannya, sehingga tidak akan merasakan terus-menerus kekurangan. Sebab, Allah Maha Segalanya, yang akan selalu memberi segala yang dibutuhkan umatNya. Maka dari itu, manusia diperintahkan untuk selalu bersyukur dan tidak mengeluh dengan keadaan yang terjadi.

4. Meningkatkan ketakwaan.

Dengan membaca dzikir hasbunallah wanikmal wakil akan meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT, sebab kalimat dzikir ini merupakan bentuk manusia menyerahkan diri sepenuhnya dan pasrah kepada Allah SWT.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags