1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
13 Juni 2016 08:30

8 Pekerjaan unik ini ternyata hanya ada di masa lalu, awas terkejut!

Pekerjaan-pekerjaan ini tak diduga dulu dianggap penting oleh masyarakat. Septika Shidqiyyah

Brilio.net - Perkembangan teknologi berpengaruh juga pada pola kehidupan manusia. Salah satu dampaknya terjadi perubahan dalam pekerjaan. Tak hanya memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru, perubahan tersebut ternyata juga menyebabkan hilangnya suatu pekerjaan yang dianggap penting pada masa lalu.

Nah, berikut 8 pekerjaan yang dulu penting tetapi sekarang telah hilang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (12/6):

BACA JUGA :
10 Pose plank paling gokil yang bikin kamu ketawa sehat


1. Tukang menyalakan lampu jalan

Lampu-lampu penerangan jalan pada zaman dahulu tidak menggunakan listrik seperti sekarang. Lampu-lampu tersebut menggunakan minyak dan harus dihidupkan satu per satu secara manual setiap hari. Karena banyaknya lampu yang harus dikelola, pemerintah kota mempekerjakan beberapa orang untuk menyalakannya setiap hari.

BACA JUGA :
10 Meme kocak tipe cewek setia ini kocak banget, cowok wajib baca nih!

2. Pemotong es

Sebelum kulkas ditemukan, orang zaman dahulu akan mengumpulkan es pada musim dingin untuk berbagai keperluan. Namun, tentu saja tidak semua orang punya waktu untuk melakukannya. Tidak mengherankan jika beberapa orang rela bersusah-payah memotong balok-balok es di danau atau jalan dan menjualnya kepada mereka yang membutuhkan.

3. Alarm berjalan

Dulu, sebelum ditemukan alarm seperti sekarang, orang-orang menggunakan jasa 'alarm berjalan' untuk membangunkan tidur. Mereka akan membangunkan kamu pada waktu yang diinginkan. Setelah terjadi kesepakatan soal bayaran, alarm berjalan ini berjalan kaki berkeliling kampung, hanya untuk membangunkan kliennya. Dengan cara mengetuk-ngetuk jendela kamar atau pintu rumah kliennya sampai bangun. Jika klien tidur di lantai dua, petugas ini akan menggunakan galah untuk mengetuk jendela kamarnya.

4. Penata pin bowling

Kalau sekarang, ketika bermain bowling begitu bola digelindingkan dan pin-pin berjatuhan, maka dalam hitungan detik pintu pin akan tertutup, lalu terbuka kembali dengan tampilan semua pin sudah rapi kembali. Dulu ada orang yang bekerja menata pin-pin ini secara manual lho.

Kamu nggak menyangka kan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags