1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
2 Juni 2016 19:42

6 Fakta terowongan kereta terpanjang di Swiss ini bikin tercengang

Perlu 17 tahun untuk membangunnya. Septika Shidqiyyah

Brilio.net - Pada 1 Juni 2016 kemarin terowongan yang disebut Switzerlands Gotthard di Swiss resmi dibuka. Terowongan kereta yang disebut-sebut sebagai terowongan terpanjang dan terdalam di dunia ini membutuhkan waktu selama 17 tahun untuk membangunnya.

Penasaran fakta-fakta lainnya tentang terowongan baru ini ? Berikut brilio.net lansir dari dailymail, fakta-fakta tentang terowongan di Swiss ini.

1. Proses penggalian yang tidak mudah.

BACA JUGA :
15 'Jurus' tidur bayi yang bikin gemas ayah dan bundanya, iya kan?


Terowongan tersebut dibangun sedalam 2,3 kilometer di bawah permukaan gunung, melalui bebatuan dan mencapai suhu 46 C. Para insinyur harus menggali dan meledakkan 73 jenis batu yang berbeda, beberapa sangat keras seperti granit dan ada juga yang gampang dihancurkan.

2. Dibangun dengan biaya Rp 164 triliun.

Proyek pembangunan terowongan tersebut memakan biaya lebih dari USD 12 juta atau setara dengan Rp 164 triliun.

3. Pemegang rekor baru.

BACA JUGA :
Ini alasan kenapa tidak pernah ada kamar nomor 420 di hotel manapun!

Terowongan dengan panjang 57 kilometer ini akan mengalahkan rekor terowongan terpanjang di dunia sebelumnya, yakni terowongan rel Seikan. Sementara itu, Channel Tunel yang menghubungkan Paris dan Inggris akan tergeser ke posisi ke tiga.

4. Memangkas waktu perjalanan hingga satu jam.

Terowongan terpanjang tersebut ditaksir dapat mengurangi waktu perjalanan dari Zurich ke Milan menjadi satu jam. Lintasan relnya akan lurus dan datar, bukannya berliku melewati Pegunungan Alpen. Sekitar 260 kereta api barang dan 65 kereta penumpang akan melewati terowongan tersebut dalam waktu lebih kurang 17 menit dengan kecepatan 155 km per jam.

5. Memakan korban jiwa.

Setidaknya, sembilan pekerja dilaporkan tewas dalam proses pembangunan terowongan terpanjang di dunia tersebut.

6. Sudah direncanakan sejak tahun 1947.

Proyek pembangunan terowongan ini disetujui melalui sebuah pengambilan suara rakyat Swiss pada tahun 1992. Sedangkan sketsa rencana pembangunannya sudah dibuat sejak tahun 1947.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags