1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
16 Juli 2020 22:09

40 Kata-kata bijak tentang harta dan kekayaan, bisa untuk renungan

Sebab memiliki harta tidak selalu membuat pemiliknya bahagia Deta Jauda Najmah

Brilio.net - Hidup bergelimang harta dan mampu membeli barang-barang mewah mungkin menjadi keinginan sebagian besar orang. Alhasil banyak orang yang berlomba-lomba bahkan mendewakan harta atas segalanya. Sikap inilah yang sebaiknya mulai dipikirkan dan dihindari kelak di masa depan.

Sebab memiliki harta tidak selalu membuat pemiliknya bahagia. Kadang harta itu justru membuat seseorang merasa angkuh dan tidak bersyukur. Jadi, meskipun ada banyak sekali kekayaan yang dimiliki, orang itu akan terus merasa kekurangan.

Sebaliknya, kamu juga bisa memilih menjadi sosok yang dermawan. Misalnya seperti memberikan sebagian harta kepada orang yang membutuhkan. Tidak hanya sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan, perilaku tersebut juga mampu membuat hati tenang dan meningkatkan rasa empati terhadap sesama.

Nah, sebagai bahan renungan, berikut empat puluh kata-kata bijak tentang harta dan kekayaan, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/7).

Kata-kata bijak tentang harta dan kekayaan untuk renungan.

1. "Kebahagiaan itu bukan terletak pada kedudukan dan harta, melainkan itu ada pada agama, ilmu, dan budi pekerti."
2. "Kebahagiaan itu tidak diukur dari berapa banyak harta yang kamu miliki, tapi seberapa bersyukurnya kamu dengan apa yang kamu miliki sekarang."
3. "Kebahagiaan tidak terletak pada harta, penampilan, maupun keindahan dunia. Kebahagiaan berasal dari keikhlasan dan hati."
4. "Kekayaan sejati bukan diukur dari banyaknya harta yang kamu miliki, melainkan diukur dari hatimu yang merasa cukup."
5. "Kekayaan seseorang tidak diukur dari seberapa banyak harta yang dia miliki, tetapi diukur dari seberapa banyak dia memberi."
6. "Kekayaan, umur, dan popularitas itu seperti minum dari air lautan yang asin. Makin kau minum, makin haus yang kamu dapatkan."  - Shaykh Ahmad Musa Jibril
7. "Jangan habiskan seluruh masa sehatmu hanya untuk mencari kekayaan."
8. "Kesederhanaan membuat kita bisa menikmati kekayaan kita. Pemborosan membuat uang melimpah hilang kenikmatannya."
9. "Warisan yang paling berharga adalah ilmu, bukan harta."
10. "Terkadang harta membuat orang lupa merasa tinggi hati dan berkuasa. Namun, tak disadari, harta yang digenggamnya itu hanya amanat yang kuasa. Maka, berhati-hatilah dengan harta." - Rhoma Irama
11. "Aku menyadari bahwa aku adalah tamu di dunia ini. Harta adalah barang pinjaman. Saat aku pulang, semua pinjaman akan ku kembalikan."
12. "Manfaatkanlah sebagian dari harta kekayaanmu sebelum kamu menjadi miskin."
13. "Dunia itu seperti permainan monopoli, kamu sibuk mengejar uang, tapi saat permainan berakhir, tidak ada nilainya."
14. "Hidup tanpa cinta pasti hampa, hidup gila harta pasti celaka, hidup bersyukur dan apa adanya, pasti bahagia."
15. "Jangan biarkan harta, uang atau apa pun yang bersifat materi merusak persaudaraan, justru pereratlah persaudaraan tanpa memusingkan harta."

BACA JUGA :
39 Kata-kata bijak tentang wanita tangguh, penuh makna & motivasi


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags