1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
15 Maret 2023 06:42

35 Contoh kata kiasan dalam puisi, menarik dan penuh makna

Kata kiasan dalam puisi dapat membuat puisi lebih hidup dan menggugah emosi pembaca. Shofia Nida
foto: pixabay.com

Brilio.net - Puisi merupakan karya sastra yang sering dibuat oleh penulis untuk mengungkapkan perasaan, pengalaman, pemikiran, dan kehidupan manusia. Puisi biasanya memiliki irama atau pola ritmis yang teratur dan mengandung makna mendalam yang bisa diinterpretasikan dengan berbagai cara. Selain itu, puisi juga terdiri dari kata-kata indah yang biasanya termasuk ke dalam kata kiasan.

Kata kiasan adalah sebuah bentuk bahasa figuratif yang umum digunakan dalam puisi. Kata kiasan digunakan untuk membuat puisi menjadi lebih menarik dan bermakna mendalam. Sebuah kata kiasan adalah sebuah ungkapan yang mengandung makna yang berbeda dari makna literalnya. Kata kiasan digunakan untuk membantu pembaca atau pendengar memahami makna yang lebih dalam dari puisi tersebut.

BACA JUGA :
11 Contoh puisi perpisahan, berkesan, menyentuh hati dan penuh makna


Kata kiasan dalam puisi dapat berupa metafora, simbol, personifikasi, hiperbola, atau lainnya. Metafora adalah suatu perbandingan yang tidak langsung antara dua hal yang berbeda, sementara simbol adalah sebuah gambaran yang mewakili suatu hal atau konsep yang lebih besar. Personifikasi adalah memberikan sifat-sifat manusia pada objek atau hewan, sementara hiperbola adalah penggunaan pernyataan yang sangat berlebihan untuk membuat sebuah pernyataan yang lebih menarik.

Kata kiasan dalam puisi dapat membuat puisi lebih hidup dan menggugah emosi pembaca. Mereka dapat membantu pembaca memahami makna yang lebih dalam dari puisi tersebut, dan membawa pembaca pada perjalanan emosional yang berbeda. Oleh karena itu, kata kiasan dalam puisi merupakan salah satu teknik yang penting dalam menciptakan puisi yang indah dan bermakna. Jika kamu merasa kesusahan dalam membuat kata kiasan, yuk simak 35 contoh kata kiasan dalam puisi dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/3).

BACA JUGA :
Contoh puisi bahasa Indonesia berbagai tema, bisa jadi referensi tugas

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags