1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
29 Februari 2016 09:05

14 Rekor dunia di bidang perfilman ini disabet orang India, brilio!

Kamu bakal kaget dengan pencapaian orang India ini. Aprilia Nurohmah

Brilio.net - Jika berbicara soal film box office ataupun film terlaris pasti di benak kamu muncul sederet film Hollywood. Namun, siapa sangka bahwa India, negara asal aktor terkenal Shahrukh Khan ini juga tak kalah hebat dengan Hollywood.

Film-film Bollywood pun banyak yang memiliki kualitas yang tak kalah dari Hollywood. Seperti dilansir brilio.net dari Scoopwhoop, Minggu (28/2), berikut 14 rekor dunia yang pernah diraih oleh orang-orang perfilman maupun industri film Bollywood:


1. Sameer Anjan- penulis Lirik paling produktif

BACA JUGA :
Smartphone mewah ini ternyata cuma dibanderol Rp 48 ribuan, kamu mau?


foto: scoopwhoop

Setelah menulis setidaknya 3.542 lagu, Sameer Anjan akhirnya memperoleh predikatnya sebagai penulis lirik lagu paling produktif di dunia oleh Guiness World Records pada 15 Desember 2015.

2. Kumar Sanu, Rekaman lagu terbanyak dalam sehari

foto: scoopwhoop

Kumar Sanu membuat rekor ini pada tahun 1993. Tahun itu, Kumar Sanu mencatatkan rekor dengan melakukan rekaman 28 lagu dalam sehari. Lagu-lagunya yang sempat populer di tahun 90an antara lain Tujhe Dekha To (Dilwale Dulhania Le Jayenge), Do Di Mil Rahe Hain.

3. Asha Bhosle, Penyanyi paling produktif dalam sejarah musik

BACA JUGA :
Salman Khan minta MC berhenti bicara saat adzan bikin kagum netizen

foto: scoopwhoop

Ashla Bhosle telah mencatat sebanyak 11.000 lagu yang dia bawakan. Entah itu solo, duet maupun secara paduan suara. Asha mendapatkan rekor dunia ini ditahun 2011 lalu. lagu-lagu yang telah dia bawakan seperti Dum Maro Dum (Hare Rama Hare Krishna), Piya Tu Ab To Aaja (Bumi) dan Chura Liya Hai Tumne Jo Dil Ko (Yaadon Ki Baaraat).

4. Keluarga Kapoor, marga yang paling banyak terjun di dunia perfilman India

foto: scoopwhoop

sebanyak 24 anggota keluarga Kapoor terlibat dalam berbagai produksi film India. Dimulai dari Prithviraj Kapoor yang terjun ke dunia perfilman pertama kali pada 1929. Selanjutnya kiprahnya diikuti oleh anaknya Raj Kapoor, Shammi Kapoor dan Shashi Kapoor serta anggota keluarganya yang lain. Aktris ternama Kareena Kapoor pun merupakan salah satunya yang masih eksis hingga sekarang.

5. Baahubali, Poster film terbesar

foto: scoopwhoop

Poster untuk film berjudul Baahubali ini memiliki luas 4.793.65 meter persegi.

6. Jagdish Raj, aktor dengan peran yang sama terbanyak

foto: hindustantimes

Jagdish raj, memperoleh penghargaan dari Guiness World Records sebagai aktor dengan peran yang sama terbanyak di dunia. Dia telah  memainkan peran sebagai inspektur polisi dalam 144 film. Beberapa film terkenal Jagdish antara lain: Deewar, Don, Shakti dan Silsila.

7. Kaho Naa pyar Hai, Film yang mendapat paling banyak penghargaan

foto: indianexpress

Di tahun 2002 Guiness World Records menetapkan Kaho Naa Pyar Hai sebagai film yang paling banyak mendapat penghargaan didunia. Setidaknya 92 penghargaan telah berhasil dimenangkan oleh film ini.

KLIK NEXT UNTUK MELIHAT REKOR LEBIH WOW!

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags