1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
15 Juni 2019 07:02

10 Ilustrasi kehidupan Jepang vs negara lain ini bikin angguk setuju

Nggak heran kalau banyak orang mendambakan bisa tinggal di Negeri Sakura itu Kurnia Putri Utomo

Brilio.net - Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kemajuan teknologinya. Negara ini terkenal menciptakan robot-robot canggih. Bahkan di berbagai tempat umum, makin banyak mesin-mesin canggih.

Dari sisi kebiasaan warganya, orang Jepang selalu menerapkan disiplin tinggi. Sejak dini anak-anak di Jepang selalu diajari untuk bertanggungjawab dan mandiri. Oleh karena itu, Jepang seringkali jadi negara percontohan.

Karena sangat sistematis dan disiplin, Jepang berhasil merangkak cepat menjadi negara maju. Padahal Jepang juga pernah mengalami masa-masa terpuruk usai Perang Dunia II.

Untuk menggambarkan majunya Jepang, seorang ilustrator sengaja membuat ilustrasi perbandingan Jepang dan negara lain. Ilustrator dengan nama panggung Evangeline Neo ini sempat tinggal di Jepang dalam masa studinya dari 2010-2014. Ia mengamati kelakuan atau kebiasaan baik orang Jepang, lalu dibandingkan dengan orang-orang di negara lain.

Nah, seperti apa sih hasil ilustrasinya? Yuk, simak 10 ilustrasinya berikut ini seperti dilansir brilio.net dari akun Instagram Evangeline Neo, @evacomics, Jumat (14/6).


1. Toilet di Jepang penuh dengan fasilitas canggih, serta kebersihannya senantiasa terjaga. Namun lihat deh toilet negara lain, sangat kotor dan banyak tisu berterbaran di mana-mana.

BACA JUGA :
5 Ilusi optik bikinan orang Jepang ini keren abis, menipu mata




2. Orang di negara lain makan dengan tenang. Namun kalau di restoran Jepang, akan terdengar suara-suara menyeruput makanan sebagai tanda menikmati kelezatan makanan.



3. Di Jepang, orang sangat perhatian dengan kebersihan. Sedangkan di negara lain, masih banyak orang yang demen buang sampah sembarangan.

BACA JUGA :
5 Potret salat Idulfitri zaman pendudukan Jepang, dijaga ketat



4. Masuk kamar mandi di Jepang, berasa di surga karena saking wanginya. Sedangkan negara lain kamar mandinya biasanya masih terlihat sangat kumuh dan tak dirawat dengan baik.



5. Menggunakan alat transportasi di Jepang cukup aman karena warga sekitar sangat peduli dengan sesama. Berbeda di negara lain, jika seseorang lengah sedikit langsung jadi target kejahatan.



6. Warga Jepang terbiasa makan-makanan pedas. Sedang di Indonesia, makanan Jepang jadi terasa sangat pedas.



7. Warga jepang sangat taat saat naik kereta. Sedangkan warga di negara lain rusuh, bahkan kadang ogah antre saat mau naik kereta.



8. Di Jepang, orang merokok pada tempatnya. Namun di negara lain, masih banyak yang merokok di sembarang tempat. Jepang juga menghormati para perokok dengan menyediakan tempat yang layak dan manusiawi.



9. Di Jepang orang-orang sangat menghormati orang disabilitas. Sayangnya di negara lain, banyak yang abai dengan kepentingan orang disabilitas.



10. Orang Jepang teliti memisahkan jenis sampah. Sedangkan orang di negara lain, berbagai jenis sampah biasanya dijadikan dalam satu wadah. Nggak heran kalau tambah bikin menyengat baunya. Ya nggak?

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags