1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
6 Desember 2019 17:02

10 Anime terbaik untuk anak-anak, mendidik dan menghibur

Bukan sekadar tontonan, melainkan ada tuntunannya. Lola Lolita
foto: dailypost.in & cartoondistrict.com

Brilio.net - Anime atau kartun menjadi tontonan yang cukup menghibur. Kartun memang akrab dengan dunia anak-anak, namun ternyata orang dewasa juga menyukai kartun. Misalnya saja, SpongeBob. Tak hanya anak-anak yang menyukai kelucuan dan kekonyolan SpongeBob, namun orang dewasa juga tertarik menyaksikannya.

Kartun memiliki efek positif dan negatif pada perkembangan kognitif serta perilaku anak. Sebagai orangtua tentunya harus benar-benar bisa menyaring tontonan, terutama tayangan untuk anak-anak seperti kartun atau anime. Kartun memang menghibur, namun sebaiknya cari tontonan yang bisa mendidik anak-anak ketika menyaksikannya.

Kartun membantu anak-anak memulai pembelajaran lebih awal. Misalnya seperti kartun edukasi yang memperlihatkan bentuk, angka, serta warna. Gambar bergerak dengan karakter lucu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Sehingga mereka dengan senang hati mempelajari banyak hal dari apa yang mereka tonton.

Menonton kartun yang tepat juga akan meningkatkan keterampilan kognitif anak. Seperti bekerja, membentuk memori jangka panjang, fokus Anak, logika, penalaran, pemrosesan visual, dan pendengaran. Tak hanya itu saja, menyaksikan anime juga membantu anak mempelajari banyak bahasa. Anak akan lebih kreatif dan menjadi cepat tanggap.

Seperti yang diketahui, anak-anak adalah peniru yang handal, apa yang mereka lihat akan dengan mudah mereka tirukan. Jika orangtua tidak memperhatikan apa yang disaksikan anak maka ini akan sangat buruk untuk tumbuh kembangnya. Nah sebagai orangtua yang bijak dan peduli, memfilter beberapa kartun yang baik untuk disaksikan anak adalah penting.

Berikut ini beberapa anime menghibur dan sekaligus untuk anak-anak, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (6/12).


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags