1. Home
  2. ยป
  3. Serius
7 Juli 2019 13:01

Kisah perjuangan Sutopo Purwo Nugroho melawan kanker paru-paru

Sutopo dikenal sebagai sosok yang sangat berdedikasi dalam informasi kebencanaan. Weni Arfiyani

Brilio.net - Kabar meninggalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, semasa hidupnya, Sutopo dikenal sebagai sosok yang sangat berdedikasi dalam informasi kebencanaan. Melalui media sosialnya, Sutopo selalu memberikan informasi terkini seputar bencana di Tanah Air.

Sutopo Purwo Nugroho wafat di Guangzhou, China, Minggu (7/7) dini hari. Sutopo meninggal dunia saat menjalani perawatan untuk kanker paru-paru yang dideritanya. Sedianya, pria yang mengidolakan penyanyi cantik Raisa ini akan menjalani perawatan kanker paru-paru selama satu bulan di Guangzhou. Sebelumnya, kanker yang mendera Sutopo sudah menyerang hingga tulang dan organ lainnya sehingga memerlukan penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA :
Ucapan duka Jokowi untuk Sutopo, kenang sosok berdedikasi tinggi


Di tengah rasa sakitnya, Sutopo tetap melayani masyarakat dengan memberikan informasi kebencanaan. Sutopo juga kerap berbagi perjuangannya dalam melawan kanker paru-paru. Hampir setiap proses perawatan dibagikannya di media sosial untuk menyampaikan pesan pantang menyerah bagi khalayak.

Sutopo divonis mengidap kanker paru-paru sejak tahun 2017 lalu. Sejak saat itu, dirinya pun menjalani berbagai perawatan kesehatan. Sebagai penyintas kanker, Sutopo harus menjalani serangkaian operasi, radiasi, hingga kemoterapi.

View this post on Instagram

Operasi, radiasi, kemoterapi, dan terapi serta pengobatan lain adalah bagian dari ikhtiar untuk kesembuhan. Perjuangan sembuh dari kanker adalah sebuah perjalanan panjang, menguras biaya, tenaga, pikiran dan sangat melelahkan. Tapi harus tetap sabar dan semangat. Harus dinikmati sebagai proses bagian dari kehidupan yang telah ditakdirkan. Di saat menjalani ikhtiar itu, selalu ada bencana menyertai masyarakat. Apakah saya harus diam dan membiarkan masyarakat berharap kebenaran informasi bencana? Tentu tidak. Saya akan tetap melayani dengan hati. Saya niati semua dengan ikhlas sebagai bagian dari ibadah. Semoga ada doa yang diijabah oleh Allah SWT, didengar dan dikabulkan doanya saat mendoakan saya agar sembuh. #kanker #kankerparuparu #sakit #sehat #sehatalami #ikhtiar #bencana #bencanaalam #media #medsos

BACA JUGA :
Mengenang impian Sutopo jadi kenyataan, bertemu Raisa & salaman Jokowi

A post shared by Sutopo Purwo Nugroho (@sutopopurwo) on

Sutopo akhirnya berpamitan untuk melanjutkan perawatan di Guangzhou, China. Sutopo mengunggah video saat berada di Bandara Soekarno Hatta sesaat sebelum bertolak ke Guangzhou. Unggahan tersebut pun menjadi unggahan terakhirnya. Sutopo sempat meminta maaf, terutama karena tak bisa melayani khalayak saat menjalani perawatan.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB tersebut harus berpulang saat menjalani perawatan.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags